Bacaan Doa untuk Meminta Keselamatan dan Keringanan Ketika Menghadapi Sakaratul Maut

Bacaan Doa untuk Meminta Keselamatan dan Keringanan Ketika Menghadapi Sakaratul Maut

Bacaan Doa untuk Meminta Keselamatan dan Keringanan Ketika Menghadapi Sakaratul Maut--

RADARUTARA.ID - Setiap orang yang hendak meninggal dunia pasti akan mengalami sakaratul maut. Apa arti sakaratul maut?

Sakaratul maut merupakan peristiwa yang menyertai proses kematian, baik yang bersifat mendadak ataupun kematian normal dengan melalui proses penuaan dan lainnya. Sakaratul maut ini seperti proses hilangnya kesadaran karena terkuaknya tabir pandangan ke alam akhirat yang diiringi dengan lepasnya roh dari jasad.

Saat detik-detik sakaratul maut sudah tiba, maka setiap manusia akan mengalami rasa sakit yang dahsyat. Saat Rasulullah SAW mengalami sakaratul maut, Beliau menyeka wajahnya yang berkeringat ketika mengalami sakaratul maut, sambil mengucapkan, "La Ilaaha Illallah, sesungguhnya kematian (sakaratul maut) ini sangat berat."

Allah SWT sudab menggambarkan betapa sakitnya sakaratul maut yang dialami oleh orang-orang zalim, Allah berfirman dalam Al-Quran surah Al-An'am ayat 93.

BACA JUGA:Selain Puasa, Ini 4 Amalan yang Dianjurkan pada 10 Muharram

Itu sebabnya, alangkah baiknya setiap muslim selalu untuk berdoa kepada Allah SWT supaya diberikan keringanan dan kemudahan dalam menghadapi sakaratul maut yang menyakitkan.

Adapun doa untuk meminta keselamatan dan keringanan ketika menghadapi sakaratul maut, diantaranya sebagai berikut ini:

Alloohumma inna nasaluka salaamatan fid diini wa'aafiyatan fil jasadi waziyaadatan fil'ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal maut wa rohmatan 'indal maut wa maghfirotan ba'dal maut. Allohumma hawwin 'alainaa fii sakarootil maut wan najaata minan naari wal'afwa 'indal hisaab.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, kesejahteraan atau kesehatan jasmani, ilmu yang bertambah, rezeki yang barakah, diterima tobatnya sebelum meninggal. Ya Allah, mudahkanlah kami pada waktu sakaratul mautdan selamatkanlah kami dari api neraka serta kami memohon ampunan ketika dihisab."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: