Usung Semangat Kemerdekaan, Peringatan HUT RI ke-78 di Desa Suka Makmur Berlangsung Meriah

Usung Semangat Kemerdekaan, Peringatan HUT RI ke-78 di Desa Suka Makmur Berlangsung Meriah

Sigit/RU.ID- Upacara bendera di Suka Makmur--

MARGA SAKTI SEBELAT, RADARUTARA.ID- Berbagai acara dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI digelar oleh jajaran aparatur Desa Suka Makmur, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS).

Kades Suka Makmur, Mitra Sadewa, mengatakan, sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke 78 telah difasilitasi oleh pemerintah desa.

Kegiatan diawali dengan perlombaan yang diikuti oleh masyarakat di lingkungan desa dan ditutup dengan peringatan detik proklamasi serta upacara bendera yang dilaksanakan pada 17 Agustus 2023 yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat di Desa Suka Makmur dan sejumlah anggota DPRD Bengkulu Utara, Ir Rizal Sitorus. 

"Kegiatan ini bukan hanya untuk meningkatkan rasa cinta negara, namun juga menambah rasa kebersamaan antar sesama masyarakat," ujar Kades.

BACA JUGA:Kemeriahan HUT RI ke-78 Tahun di Desa Bukit Indah, Warga hingga Anggota DPRD Ikuti Upacara Bendera

Mitra mengatakan, momentum peringatan HUT RI ke-78 merupakan kesempatan untuk mengingat, merefleksikan serta mengapresiasi segala perjuangan dan jasa para pahlawan.

Dan lanjut Mitra, kemerdekaan bukan sebatas deklarasi kebebasan dari segala bentuk penindasan dari penjajah, tetapi juga momen yang harus dimaknai sebagai komitmen seluruh masyarakat untuk membangun negara melalui desa. 

“Pahitnya masa perjuangan dulu, menjadi faktor pendorong untuk bergerak mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Mitra, upaya mewujudkan cita-cita kemerdekaan merupakan tanggung jawab seluruh lapisan elemen masyarakat, khususnya masyarakat di tingkat desa. Sejalan dengan usia ke-78 RI tahun, ini. Desa Suka Makmur menurut Mitra, telah mengalami kemajuan dan beberapa capaian.

“Berkat dukungan seluruh elemen masyarakat, para pemuka agama dan tokoh adat, tokoh pemuda dan para pemudanya, dukungan dari TNI dan Polri, hari ini Pemdes Suka Makmur secara bertahap telah mengalami kemajuan. Baik kemajuan dari sisi kekompakan maupun rasa persatuannya. Tentu dengan semangat kemerdekaan yang kita miliki hari, ini seluruh capaian tersebut patut kita pertahankan dan terus tingkatkan untuk menjadikan Desa Suka Makmur ke arah yang lebih baik,” terangnya.


Sigit/RU.ID- Pembagian hadiah di Suka Makmur--

Selebihnya, Mitra, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu dalam rangka menyukseskan peringatan HUT RI ke 78 di desanya. Mitra berharap, kekompakan, persatuan, dukungan dan semangat kebersamaan yang dimiliki oleh masyarakat saat, ini tetap terawat untuk kemajuan desa yang akan datang.

"Apresiasi dan ucapan terimakasih kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi untuk menyukseskan jalannya peringatan HUT RI ke 78 di desa kami tahun ini. Semoga capaian-capaian yang telah kita raih hari, ini dapat kita pertahankan dan tingkatkan untuk kemajuan desa yang akan datang," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: