33 Daerah Ini Terima Hadiah Dana Miliaran dari Kemenkeu, Berhasil Tanggulangi Inflasi

33 Daerah Ini Terima Hadiah Dana Miliaran dari Kemenkeu, Berhasil Tanggulangi Inflasi

Aktifitas jual beli di Pasar Purwodadi Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menerapkan insentif fiskal kepada sejumlah pemerintah daerah (pemda) yang dinilai berhasil mengendalikan inflasi. Total dana yang disalurkan mencapai Rp 330 miliar. 

Luky Alfirman, selaku Direktur Jendral  Perimbangan Keuangan Kemenkeu, mengungkapkan bahwa dalam kesempatan ini pemerintah akan menawarkan insentif fiskal tahun berjalan dalam kategori pengendalian inflasi daerah bagi pemerintah daerah. 

"Periode pertama ini, alokasi yang diberikan totalnya Rp 330 miliar, dengan alokasi tertinggi Rp 12,29 miliar, dan terendah Rp 8,892 miliar," ucap Luky.

BACA JUGA:Perwakilan Bengkulu, Mikrom Amadea Utama dan Nagia Halisa Terpilih Sebagai Putra/i Pariwisata Nusantara 2023

BACA JUGA:Rugikan RI Rp333 Miliar, Mafia Imei ditangkap, 176 Ribu iPhone Ilegal bakal Disuntik Mati

Sebanyak 33 daerah menikmati insentif fiskal pada tahap pertama ini. Lucy menjelaskan, ada empat kriteria yang mendasari penilaian tersebut. Pertama, meluncurkan sembilan upaya pemantauan pengendalian inflasi pangan lintas daerah. 

Kedua, memenuhi penyampaian laporan ke Kementerian Dalam Negeri yang menunjukkan jumlah laporan pemerintah daerah terkait pengendalian inflasi pangan per kabupaten/kota. Ketiga, tingkat inflasi itu sendiri, dan terakhir rasio pengeluaran anti-inflasi riil terhadap total pengeluaran daerah. 

BACA JUGA:Kominfo Blokir 846 Ribu Situs Game Online, Salah Satunya Ada Higgs Domino?

Terdapat  3 provinsi, 6 kota, serta 24 kabupaten yang akan mendapatkan alokasi dana ini, totalnya ada 33 daerah. Adapun 33 daerah tersebut antara lain untuk jajaran provinsi ada Provinsi DKI Jakarta, Gorontalo serta Kalimantan Tengah. 

Kemudian untuk kota ada Kota Langsa, Bitung Payakumbuh, Dumai, Gunungsitoli, dan Serang.

Untuk jajaran kabupaten ada Indragiri Hilir, Merangin, Bungo, Ogan Ilir, Banyuasin, Aceh Barat, Aceh Selatan, Gayo Lues, Aceh Besar,  Bengkulu Utara, Garut, Pangandaran, Bekasi, Sleman, Jepara, Banyuwangi, Kayong Utara, Sintang,  Sukamara, Minahasa Selatan, Halmahera Selatan, Halmahera Timur, Bangka Tengah, dan Pohuwato.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: