Dahsyatnya Kekuatan Dzikir dari Al Quran Ini, Amalan Para Nabi dan Ulama dalam Menghadapi Susahnya Hidup

Dahsyatnya Kekuatan Dzikir dari Al Quran Ini, Amalan Para Nabi dan Ulama dalam Menghadapi Susahnya Hidup

Dahsyatnya Kekuatan Dzikir Dari Alquran Ini, Amalan Para Nabi Dan Ulama Dalam Menghadapi Susahnya Hidup--

RADARUTARA.ID - "hasbunallah wani'mal wakil" dzikir yang terdapat dalam Alquran surah Ali Imran ayat 173. Yang mana artinya cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baiknya pelindung.

Keutamaan dari mengucap dzikir ini yaitu mampu memberikan kelapangan dalam setiap kesulitan yang kita alami. Dzikir ini banyak diamalkan oleh para nabi dan rasul serta para ulama terdahulu Dalam keadaan susah ataupun dalam keadaan lapang.

Imam nawawi menjelaskan dalam kitab Riyâdh ash-Shâlihîn, ucapan zikir Hasbunallâh wani‘mal-wakîl diucapkan oleh nabi Ibrahim alaihissalam ketika beliau dilemparkan ke dalam kuburan api dan ucapan zikir ini pula diucapkan oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam ketika ada orang yang hendak mengatakan kepada beliau bahwasanya.

BACA JUGA:Amalan Pembuka Pintu Rezeki Maha Dahsyat yang Bersumber Langsung Dari Hadis Nabi Muhammad SAW, Wajib Amalkan

Sesungguhnya orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan (pasukan) untuk (menyerang) kamu. Oleh karena itu, takutlah kepada mereka,’ ternyata (ucapan) itu menambah kuat iman mereka dan mereka menjawab, ‘Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.’” (HR Bukhari)

Ayat tersebut ditujukan kepada nabi Muhammad untuk ucapan kaum musyrikin pada zaman nabi yang menyerang kaum muslimin saat itu.

Kekuatan zikir ini mampu menegaskan sikap ketahui  pada diri orang mukmin, yaitu bahwasannya Allah merupakan tempat untuk berserah diri dan semua makhluk ciptaanNya adalah lemah dan tidak abadi.

Doa dan dzikir itu bisa kita bacakan ketika kita dalam keadaan sulit, selama kita masih dalam jalan yang benar, serta kita meyakini bahwa Allah pasti membersamai orang-orang yang benar. Maka Allah pasti akan menolong kita dari kesulitan serta tekanan dari pihak manapun. Karena tidak ada yang mampu menolong kita selain atas kehendak Allah SWT.

BACA JUGA:15 Keutamaan Surat Al-fatihah, Sebagai Pembuka Pintu Rezeki, Meninggikan Derajat dan Melunaskan Hutang

Selain itu juga dzikir ini juga berperan untuk mendekatkan diri hamba kepada Allah. Serta makna yang terkandung di dalam dzikir itu menunjukkan kepasrahan dan kelemahan hambanya kepada Allah.

Selain itu pula doa juga berpengaruh untuk menanamkan sikap takut atas setiap siksa serta konsekuensi yang kita alami atas kesalahan yang kita lakukan dari Allah.

Selalu ingatlah apabila kita mengalami kesulitan dalam hidup, serta mengalami penganiayaan difitnah ingatlah untuk selalu membaca doa ini, Serta memohon pertolongan kepadanya untuk segera di lapangkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: