Bak Memiliki Tuah Bisnis, Ini Daftar Pohon Uang Dewi Kam, Perempuan Terkaya Asia Tenggara dari Indonesia

Bak Memiliki Tuah Bisnis, Ini Daftar Pohon Uang Dewi Kam, Perempuan Terkaya Asia Tenggara dari Indonesia

Seperti Memiliki Tuah Bisnis. Ini Daftar Pohon Uang Dewi Kam, Perempuan Terkaya Asia Tenggara Dari Indonesia.--

RADARUTARA.ID - Dewi Kam lahir pada 1951. Informasi tentang perempuan berusia 72 tahun itu nyaris tak tersiar di media. Namun, prestasinya di dunia bisnis sangat luar biasa.

Tak banyak yang mengetahui bahwa seorang  Pengusaha wanita Indonesia yang dikenal dengan nama Dewi Kam dinobatkan sebagai wanita terkaya di Asia Tenggara. Kekayaan Dewi Kam disebut melebihi total kekayaan wanita lain di Asia Tenggara. 

Dewi adalah pengusaha dan pemilik perusahaan pertambangan batubara Indonesia PT Bayan Resources Tbk. Dewi memiliki 10 persen saham minoritas di perusahaan ini. 

Keberuntungan luar biasa bagi Dewi dengan memiliki saham tersebut, Dewi berhasil menyimpan sebagian besar kekayaannya. Sebab meski tengah dihadapi dengan krisis energi global, saham Bayan Resources tetap mentereng dan naik hingga tiga kali lipat di tahun 2022 lalu.

BACA JUGA:Punya Aset Triliunan Rupiah, Wanita Terkaya di Asia Ternyata Berasal dari Indonesia

Selain itu, Dewi memiliki pengalaman yang cukup luas dalam hal pembangunan pembangkit listrik di darat. Dewi Kam adalah pemilik PT Sumbergas Sakti Prima. Dia memiliki 91 persen saham di mana anak perusahaannya mengembangkan beberapa proyek pembangkit listrik. 

Berdasarkan laporan Indonesia Corruption Watch, Dewi juga melakukan investasi di PT Sumber Segara Primadaya (S2P), pengembang proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap, melalui PT Sumber Energi Sakti Prima (SSP), anak usaha PT Sumbergas Sakti Prima.

Dewi Kam juga menjalin kerja sama dalam proyek PLTU Jeneponto di desa punagaya Sulawesi Selatan. melalui PT SSP yang bekerjasama dengan PT Bosowa Energi.

BACA JUGA:Ini Loh, Sumber Penghasilan 10 Orang Terkaya di Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Berdasarkan laporan Indonesia Corruption Watch tahun 2020, nama Dewi Kam juga muncul di database offshore leaks International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). Terkait dengan dua perusahaan yang berbasis di British Virgin Islands dan Samoa. 

Dewi merupakan nominee Shareholder Portcullis Nominees (BV) Limited, dan Sharecorp Limited. Dan nominee director Execorp Limited.

Dewi juga merupakan pemegang saham Overseas Finance Ltd yang berada di Samoa. pemegang saham Birken Universal Corporation 

Juga Direktur Savill Universal Ltd yang berada di British Virgin Islands, serta masih banyak lagi kerajaan bisnis perempuan yang kini telah berusia 72 Tahun tersebut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: