Keutamaan Puasa Muharram Beserta dengan Niat dan Hukumnya

Keutamaan Puasa Muharram Beserta dengan Niat dan Hukumnya

Keutamaan Puasa Muharram Beserta Dengan Niat Dan Hukumnya.--

RADARUTARA.ID - Dalam agama Islam puasa merupakan hal yang istimewa. Puasa Muharram, terutama pada hari ke-10 yang disebut Ashura, memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Muslim.

Puasa ini memiliki makna spiritual yang mendalam dan mengacu pada peristiwa penting dalam sejarah Islam. Mari kita lihat keutamaan puasa Muharram beserta niat dan hukumnya.

Puasa Muharram memberi hikmah spiritual yang memperkaya jiwa seseorang dengan menghadapkan diri kepada Allah SWT. Ia memberi kesempatan bagi umat Muslim untuk merenungkan perjalanan hidup mereka dan memperbaiki ikatan mereka dengan Sang Pencipta. Selain itu, puasa Muharram juga memberikan kesempatan untuk memohon pengampunan, meningkatkan ibadah, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Penghapusan Biaya SIM Masih Dikaji Ulang, Negara Akan Kehilangan Segini Jika Aturan Tersebut Ditetapkan

Salah satu keutamaan puasa Muharram adalah mengenang peristiwa bersejarah penting dalam Islam, yaitu ketika Nabi Musa (AS) dan umatnya diselamatkan dari penindasan Fir'aun dan pasukannya. Nabi Musa dan kaumnya melewati Laut Merah dengan selamat, sementara pasukan Fir'aun tenggelam.

Dalam riwayat lain, puasa Muharram juga merupakan wujud rasa syukur umat Islam atas keselamatan Nabi Nuh (AS) dan umatnya setelah banjir dahsyat yang memusnahkan peradaban yang jahat.

Hukum puasa Muharram adalah sunnah muakkadah, yang berarti dianjurkan dan sangat ditekankan untuk dilakukan. Puasa ini bukan kewajiban, tetapi memiliki pahala yang besar bagi umat Muslim yang melaksanakannya.

Menurut hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Puasa pada hari Ashura, aku berharap kepada Allah dapat menghapuskan dosa-dosa tahun sebelumnya." Berikut ini merupakan niat puasa muharram: "Usm 'syr'a sunnatan lillhi ta'l."

Artinya, "Aku berniat berpuasa pada hari Asyura sebagai sunnah karena Allah SWT."

BACA JUGA:Juragan Cuan, Ini 4 Weton yang Tetap Kaya Raya Meskipun Punya Banyak Musuh

Puasa ini juga dianjurkan untuk melakukan tambahan yaitu pada tanggal 9 dan 11 Muharram, atau pada hari sebelum dan sesudahnya. hal ini mengikuti contoh yang diajarkan oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Umat muslim juga dianjurkan untuk meningkatkan amalan dan memperbanyak beribadah kepada Allah untuk memperoleh pahala yang besar darinya.

Puasa muharram memiliki keutamaan yang sangat besar bagi umat Islam, puasa ini juga memberikan pengayaan keimanan kepada setiap umatnya serta dapat mengenang peristiwa bersejarah yang penting dalam agama Islam.

Umat muslim juga dapat meningkatkan dan memperbaiki hubungannya dengan Allah subhanahu wa ta'ala serta memohon ampunan kepadanya dan mengharapkan ridho dan pahala yang besar darinya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: