Ciri Golongan Pertama yang Masuk ke Surga, Ini Penjelasan Haditsnya

Ciri Golongan Pertama yang Masuk ke Surga, Ini Penjelasan Haditsnya

Ciri Golongan Pertama Yang Masuk Ke Surga, Ini Penjelasan Haditsnya--

Dalam riwayat shahih yang lain juga disebutkan,bahwa kelompok pertama yang masuk ke surga, memiliki ciri-ciri yaitu tingginya 60 hasta, sama seperti tinggi Nabi Adam AS. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW:

"Rombongan pertama yang masuk surga berwajah seperti bulan purnama, yang diwarnai oleh cahaya bintang kemintang di langit yang cerah. Mereka tidak buang air kecil dan buang air besar. Mereka tidak meludah dan beringus. Sisir mereka dari emas. Keringat mereka dari minyak kasturi. Sanggul mereka dari dupa. Istri mereka bidadari. Tingkah laku mereka seperti seorang lelaki. Perawakan mereka seperti ayah mereka, Adam yang di langit, yaitu setinggi enam puluh hasta langit."

BACA JUGA:Punya Ilmu Kanuragan Tingkat Tinggi, Sunan Bonang Mampu Mengubah Buah Aren Menjadi Emas

BACA JUGA:Ini 5 Weton yang Dinaungi Keramat Dewi Lanjar, Rezeki Mengalir Deras Kalahkan Sultan Slot 2023

Lantas, Siapa Orang yang Pertama Masuk Surga?

 

Orang-orang yang beruntung masuk kedalam golongan ini yaitu orang-orang yang memuji Allah SWT. Baik secara sembunyi-sembunyi ataupun terang-terangan. Sebagaimana telah disampaikan dalam sabda Rasulullah SAW:

"Orang yang pertama kali dipanggil ke surga di hari kiamat adalah hammadun, yaitu orang-orang yang memuji Allah baik secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan." (HR Ath Thabrani, Al Bazar, Al Hakim, Abu Nu'aim, Al Baihaqi)

BACA JUGA:Punya Ilmu Sakti Mandraguna, 3 Weton Ini Ternyata Titisan Prabu Siliwangi

BACA JUGA:Pantesan Sakti, 4 Weton Ini Ternyata Memiliki Karomah Sunan Kalijaga yakni Ilmu Laduni

Tak hanya itu, menurut riwayat lain, terdapat tiga orang dari umat Nabi Muhammad SAW yang akan masuk ke surga untuk pertama kali. Mereka ini merupakan orang yang mati syahid, hamba sahaya, dan juga orang fakir.

 

Dari Abu Hurairah RA yang menerangkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

"Aku disodorkan tiga orang umatku yang pertama kali masuk surga dan tiga orang yang pertama kali masuk nerak. Tiga orang pertama masuk surga adalah orang yang mati syahdi, hamba sahaya yang tak menghamba pada dunia demi ketaatan kepada Allah SWT, dan orang fakir yang enggan meminta-minta kepada orang lain. Tiga orang pertama masuk neraka adalah penguasa zalim, orang kaya yang tak melaksanakan hak Allah pada hartanya, dan orang miskin yang sombong." (HR Ahmad, Al Hakim, Al Baihaqi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: