Ini Sosok Asta Dewa, Jin Tertua di Tanah Jawa yang Memiliki Perjanjian dengan Syekh Subakir

Ini Sosok Asta Dewa, Jin Tertua di Tanah Jawa yang Memiliki Perjanjian dengan Syekh Subakir

Ini Sosok Asta Dewa, Jin Tertua di Tanah Jawa yang Memiliki Perjanjian dengan Syekh Subakir--

RADARUTARA.ID - Asta Dewa hingga saat ini masih memegang teguh perjanjiannya dengan Syekh Subakir di Bukit Menoreh. Meski usai bertempur dengan Syekh Subakir, Asta Dewa sempat mengalami luka. Namun saat ini Asta Dewa yang merupakan sosok jin tertua di tanah Jawa ini sama sekali tidak menaruh dendam pada Syekh Subakir.

Asta Dewa sendiri memiliki hubungan dekat dengan Pangeran Naga Kidul, yang tak lain suami dari Nyi Roro Kidul.

Mitos yang berkembang, Asta Dewa yang bersemayam di Gunung Semeru memiliki seorang istri berupa naga hitam yang ada di Sungai Brantas.

Dari perkawinan keduanya, lahirlah dua orang putra, yang pertama bernama Joyo Menggolo atau biasa disebut Eyang Lawu, dan yang kedua bernama Joyo Wiseso.

BACA JUGA:Ini Manusia Pilihan yang Dipercaya Melihat Torehan Perjanjian Syekh Subakir dan Asta Dewa

Sayangnya, tanpa sepengetahuan Ratu Kidul, Asta Dewa juga jatuh cinta dengan Putri Lara Kadita atau orang menyebutnya Nyi Roro Kidul, atau dalam beberapa kisah bernama Dewi Retno Suwondo.

Masih tanpa sepengetahuan Kanjeng Ratu Kidul, Asta Dewa menikahi Nyi Roro Kidul.

Tentang perbedaan Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul dapat Anda baca di artikel berikut : Inilah Perbedaan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul

Seiring berjalannya waktu, Ratu Kidul pun akhirnya mengetahui hal ini. Ia pun murka. Padahal, saat itu, Nyi Roro Kidul tengah hamil anak dari Asta Dewa.

Mengetahui kehamilan Nyi Roro Kidul, Ratu Kidul pun meminta pada Asta Dewa, jika anak yang lahir itu adalah perempuan, maka harus diserahkan kepada Ratu Kidul. Sementara, jika anak yang lahir itu laki-laki, maka harus dibunuh.

Asta Dewa yang tidak terima akan hal itu akhirnya bertarung dengan Ratu Kidul di Samudera Hindia, pertarungan yang terjadi 7 hari 7 malam itu tak menghasilkan apa-apa.

BACA JUGA:Syekh Subakir Bukan Bertarung dengan Semar, Ini Kisah Sesungguhnya

Justru alam porak-poranda karena adu kesaktian keduanya.

Melihat hal ini, keduanya pun memilih menghentikan pertarungan. Namun Ratu Kidul tetap mengawasi kehamilan Nyi Roro Kidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: