Dikira Sama, Inilah Perbedaan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul

Dikira Sama, Inilah Perbedaan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul

Dikira Sama, Inilah Perbedaan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul.--

RADARUTARA.ID - Mungkin kamu selama ini mengira bahwa  penguasa Pantai Selatan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul adalah sosok yang sama, jika demikian tentu kamu sudah salah menduga. Karena Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul merupakan sosok yang berbeda. Mungkin untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca artikel radarutara.id berikut ini sampai selesai.

BACA JUGA:Lebih Sakti, Inilah Wali Songo yang Berhasil Mengalahkan Nyi Roro Kidul

Yang pertama adalah kita akan membahas tentang  Asal Usul Kanjeng Ratu Kidul. Menurut kepercayaan masyarakat, Kanjeng Ratu Kidul merupakan seorang dewi padi atau lebih dikenal sebagai Dewi Sri yang diciptakan oleh Dewa Kaping Telu.

Diketahui bahwa Kanjeng Ratu Kidul  memiliki kekuatan dan kesaktian luar biasa untuk menguasai ombak di Samudra Hindia. Dalam mitos jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan pasangan spiritual dari raja-raja Mataram. Kanjeng Ratu Kidul bahkan  dipercaya sering turun ke dunia manusia dan menyamar sebagai manusia biasa.

 

Selanjutnya kita akan membahas tentang Asal Usul Nyi Roro Kidul. Dirangkum dari berbagai sumber, Nyi Roro Kidul adalah seorang putri kerajaan Sunda yang cantik jelita dan lebih dikenal sebagai Dewi Kandita. Ia diusir dari kerajaannya sendiri karena perebutan tahta oleh para selir-selir ayahnya.

Kerajaan mengutuk Dewi Kandita menjadi perempuan  buruk rupa yang dipenuhi kudis diseluruh tubuhnya melalui dukun sakti. Dewi Kandita mendapat bisikan ghaib tentang  cara untuk mengembalikan wajah cantiknya, yaitu dengan cara menyeburkan diri kedalam Laut Selatan. Ia pun pergi ke Laut Selatan dan menyatu dengan ombak di sana. Setelah wajah cantiknya kembali, ia diangkat menjadi ratu oleh makhluk halus di sana.

BACA JUGA:Sejarah Singkat Tentang 7 Tombak Nyi Roro Kidul yang Terkenal Sakti dan Fenomenal

Jadi menurut kepercayaan masyarakat Jawa, perbedaan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul adalah Kanjeng Ratu Kidul merupakan roh suci yang merupakan keturunan dewa, sedangkan Nyi Roro Kidul adalah putri kerajaan Sunda yang merupakan keturunan manusia.

Kanjeng Ratu Kidul adalah dewi padi yang menguasai ombak Samudra Hindia, sedangkan Nyi Roro Kidul adalah ratu di Laut Selatan.

BACA JUGA:Selain Menjadi Kerajaan Jin, Goa Istana di Alas Purwo Juga Tempat Pertemuan Bung Karno dan Nyi Roro Kidul

Mitosnya, Nyi Roro Kidul adalah bawahan dari Kanjeng Ratu Kidul, si penguasa Samudra Hindia. Wallahu'alam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: