5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Sesuai dengan Ketentuan Islam

5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Sesuai dengan Ketentuan Islam

5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Sesuai dengan Ketentuan Islam--

Bila kamu ingin berkurban kambing atau domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban yaitu yang minimal berumur 1 tahun. Kemudian, bila kamu ingin berkurban sapi atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun.

Selanjutnya, cara mudah untuk mengetahui usia hewan kurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan metode cek gigi hewan yaitu jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal itu menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

 BACA JUGA:Jika Mau Ajuan BRI Ceria Kamu Disetujui, Wajib Perhatikan Trik Berikut Ini

3. Hewan Yang Dikurbankan Tidak Cacat

Hewan yang ingin dikurbankan harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

Hewan ternak yang kamu pilih harus hewan ternak yang sehat cuping hidungnya basah, tetapi bukan karena flu. Selain itu juga dilihat bulunya yang harus bersih dan mengkilap. Jangan lupa cek pernafasan dan juga detak jantungnya.

Lebih baik lagi jika kamu menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan tersebut ya. 

Kamu juga harus tahu hewan kurban menjadi tidak sah bila hewan tersebut mengalami buta sebelah atau jelas sekali kebutaanya. Bila tidak sah, maka hewan tersebut mempunyai status sebagai daging biasa bukan menjadi kurban.

 

4. Hewan Yang Ingin Dikurbankan Tidak Kurus

Selanjutnya, kondisi fisik dari hewan kurban juga perlu diperhatikan. Dan perlu dipastikan calon hewan kurban memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam.

Karena dengan nafsu makan yang baik dan lincah, tentu kondisi hewan akan terlihat gemuk dan tidak seperti hewan yang memiliki penyakit.

 BACA JUGA:Perumahan Arbain di Pasuruan, Hunian Para Janda, Tinggal di Sini Tidak Perlu Bayar

BACA JUGA:Red Flag! 7 Sikap Duda yang Patut Dihindari, Jangan Sampai Kamu Salah Pilih Pasangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: