Sosok Pangeran Sambernyawa, Memiliki Ketajaman Batin Hingga Kesaktiannya yang Ditakuti Tentara Belanda

Sosok Pangeran Sambernyawa, Memiliki Ketajaman Batin Hingga Kesaktiannya yang Ditakuti Tentara Belanda

Pangeran Sambernyawa pahlawan bangsa yang ditakuti bangsa Belanda--

Ada juga  monumen batu gilang di Nglaroh yang diyakini sebagai lokasi kali pertama Pangeran Sambernyawa mengatur siasat perang gerilya yang populer disebut Perang Sambernyawa.

Dalam memerintah Pangeran Sambernyawa ialah yang disebut Tridharma waktu berjuang melawan VOC atau Belanda.

Dengan ajarannya kepada pengikutnya dalam membela negara semuanya harus  seluruh bangsa hendaknya rumangsa melu handarbeni (merasa memiliki), wajib melu hangrungkebi (merasa ikut membela) dan  mulat sarira hangrasa wani atau mawas diri.

Strategi perang gerilya di dapatnya saat menyantap bubur bekatul panas yang dihidangkan warga di perkampungan kecil di daerah Rembang di mana Pangeran Sambernyawa singgah untuk istirahat bersama pasukannya. 

Ketika akan menyantap jenang katul yang masih sangat panas, sang pemilik rumah menyarankan agar jangan memakan langsung dari tengah. Namun diawali dari pinggir memutar baru pas di tengah akan dingin.

BACA JUGA:Baca Novel Bisa Hasilkan Saldo Dana Gratis Hingga Rp.800 Ribu Per Bulan, Segera Download Aplikasinya!

BACA JUGA:Diduga Ingin Menguji Mitos Nyi Roro Kidul, Seorang Pria Nekat Menghadang Ombak Menggunakan Baju Berwarna Hijau

Pangeran Sambernyawa merenung mendengar ucapan sang pemilik rumah. Tak lama kemudian saran dari pemilik rumah itupun dijadikan taktik perangnya.

Di mana Pangeran Sambernyawa tak langsung menyerang ke pusat kekuatan VOC, namun dirinya menyerang pasukan kompeni dari arah pinggir seperti saat dirinya tengah makan bubur.

Strategi itupun berhasil, Raden Mas Said berhasil menebas kepala kapten Van der Pol dengan tangan kirinya. Padahal sebelumnya pasukan kompeni ini telah mengepungnya terlebih dahulu dari segara penjuru Kota Rembang.

Belanda sangat mengakui kehebatan Raden Mas Said, baik kesaktian, maupun strategi perangnya. Sampai akhirnya VOC menyebutnya Pangeran Sambernyawa. Karena musuhnya termasuk Kompeni sendiri menganggapnya sebagai  penyebar maut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: