Sosok Pangeran Sambernyawa, Memiliki Ketajaman Batin Hingga Kesaktiannya yang Ditakuti Tentara Belanda

Sosok Pangeran Sambernyawa, Memiliki Ketajaman Batin Hingga Kesaktiannya yang Ditakuti Tentara Belanda

Pangeran Sambernyawa pahlawan bangsa yang ditakuti bangsa Belanda--

RADARUTARA.ID- Pangeran Sambernyawa memiliki kepandaian dan kesaktian yang ditakuti musuh-musuhnya. Sebagai salah satu keturunan bangsawan dari Keraton Kartasura, sejak usia belia Pangeran Sambernyawa sudah digembleng dengan beragam ilmu kanuragan.

Raden Mas Said, lahir di Keraton Kartasura pada7 April 1725, putra dari Pangeran Mangkunegara Kendang (putra sulung Amangkurat IV) dan R Ay Wulan, puteri Pangeran Blitar. Sedangkan kakeknya adalah Sinuwun Amangkurat IV.

Nama R.M Sahid, sendiri merupakan pemberian dari neneknya sebelum wafat, yang artinya bahwa Sri Sunan masih bisa 'menangi' (melihat) kelahiran cucunya sebelum wafat.

BACA JUGA:Mitos Nyi Roro Kidul Sang Ratu Pantai Selatan, Ternyata Baju Hijau Memiliki Arti yang Mengejutkan

BACA JUGA:Lebih Sakti, Inilah Wali Songo yang Berhasil Mengalahkan Nyi Roro Kidul

Sejak usia remaja RM Said adalah sosok yang tangguh, kuat dan memiliki bakat berperang. Sebab itulah ketika usianya menginjak 15 tahun sudah diangkat menjadi mantri oleh PB II dan diberi anugerah gelar Pangeran Suryokusumo.

Saat terjadi pemberontakan kaum pedagang Cina di Keraton Kartasura yang lebih dikenal dengan 'geger pecinan' Raden Mas Said berhasil menumpasnya.

Pangeran Sambernyawa memiliki ketajaman batin yang sangat tinggi. Sering tirakat dan juga lelaku untuk mendapatkan ilmu kesaktian. Kesaktiannya banyak ditakuti oleh musuh-musuhnya.

Bahkan konon Sambernyawa yang memiliki kesaktian supranatural tinggi memiliki ilmu aji sirep dan panglimunan atau ilmu menghilang. Kemudian ada juga Aji Jayakawijayan milik Sambernyawa tentu saja, bukan ajian sembarangan.

Bahkan pasukan khusus Pangeran Sambernyawa juga digembleng di Sapto Tirto Pableman yang saat ini masuk di wilayah Matesih, Kabupaten Karanganyar.

Di lokasi itulah, Pangeran Sambernyawa menjadikannya kawah Candradimukanya para prajurit Sambernyawa.

Selain itu ada juga tempat lokasi pertapaan ketika Pangeran Sambernyawa ketika menerima wangsit yang untuk mengobarkan semangat bertempur melawan Belanda berupa sendang (sumber air) yang sampai kini dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah, terutama setiap malam Selasa dan Jumat.

BACA JUGA:Apakah Pria Penguji Mitos Nyi Roro Kidul di Laut Selatan Jawa Selamat Dari Maut?

BACA JUGA:Berniat Mantai, Wajib Hati-hati Karena Nyi Roro Kidul Suka dengan 3 Tanggal Lahir ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: