Pemdes Talang Arah Salurkan BLT dan Realisasikan Pembangunan Fisik Bersumber dari Dana Desa TA 2023

Pemdes Talang Arah Salurkan BLT dan Realisasikan Pembangunan Fisik Bersumber dari Dana Desa TA 2023

Pemdes Talang Arah Salurkan BLT dan Realisasikan Pembangunan Fisik Bersumber dari Dana Desa TA 2023--

PUTRI HIJAU, RADARUTARA.ID- Program BLT-DD TA 2023 berhasil disalurkan oleh Pemdes Talang Arah kepada 22 KPM-nya pada Kamis (5/4) hari ini. Total BLT-DD yang disalurkan oleh Pemdes Talang Arah, ini senilai Rp 900 ribu/KPM untuk jatah 3 bulan sekaligus yakni jatah bulan Januari, Februari dan Maret.

Selain mengawali penyaluran program BLT-DD. Pemdes Talang Arah juga telah merealisasikan pembangunan fisiknya yang bersumber dari DD tahap I TA 2023 dalam bentuk kegiatan normalisasi aliran sungai, irigasi dan drainase.


Pembagian BLT DD Talang Arah--

Hadir dan turut menyaksikan langsung jalannya realisasi program DD tahap I TA 2023 di Desa Talang Arah, ini diantaranya Danramil Putri Hijau, Bhabinkamtibmas, Sekcam Putri Hijau beserta Kasi PMD, Kades Talang Arah, Ketua dan anggota BPD Desa Talang Arah serta jajaran aparatur perangkat desa di Talang Arah.

Kades Talang Arah, Ramdani, berharap, bantuan langsung tunai yang disalurkan oleh desa untuk jatah tiga bulan pertama, ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh KPM sebaik mungkin.

"Silahkan gunakan BLT-DD yang telah diberikan oleh desa, ini untuk memenuhi kebutuhan dasar atau pokok masing-masing KPM," pintanya.

Di sisi lain Ramdani, mengatakan, bahwa pada realisasi DD tahap I di TA 2023, ini pihaknya akan mengawali pembangunan fisik di desa dengan memfokuskan kepada kegiatan normalisasi aliran sungai, irigasi dan drainase lingkungan desa.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara swakelola oleh TPK dengan mengunakan anggaran DD sebesar Rp 139.367.000 volume 2000 meter ini. Diharapkan Ramdani, petani yang ada di desanya akan lebih mudah dan terbantu dalam merawat saluran air dan sebagai upaya untuk mengembalikan sendimen yang mengakibatkan pengendapan di sepanjang aliran sungai, irigasi dan drainase lingkungan desa.

"Melalui normalisasi, ini kita harapkan masalah-masalah lingkungan seperti terjadinya banjir akibat luapan air yang mengalir dan terganggunya fungsi dari aliran irigasi bisa teratasi. Dan output yang paling kita harapkan dari kegiatan normalisasi aliran sungai, ini adalah dapat menunjang kebutuhan air bagi petani dalam meningkatkan hasil produksi pertaniannya dan menjamin ketahanan pangan masyarakat di desanya," ujarnya.

Sesuai pantauan Radar Utara ID dilapangan, pembanguan fisik berupa normalisasi aliran sungai, irigasi dan drainase lingkungan di Desa Talang Arah, ini telah diawali dengan kegiatan pra pembangunan yang ditandai dengan pelaksanaan kegiatan titik nol di lokasi pembangunan.(Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: