Puskesmas Uji Kualitas Air 10 Desa di Kecamatan Ulok Kupai

Puskesmas Uji Kualitas Air 10 Desa di Kecamatan Ulok Kupai

Puskesmas Uji Kualitas Air 10 Desa di Kecamatan Ulok Kupai--

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID- Tindakan uji sampel terhadap kualitas air sedang dilakukan oleh tim Kesling Puskesmas Tanjung Harapan kepada 10 desa di Kecamatan Ulok Kupai.

Uji sampel air baku, ini sengaja dilakukan oleh Puskesmas Tanjung Harapan untuk memastikan kualitas air baku yang setiap hari dikonsumsi oleh masyarakat apakah ada korelasinya dengan gangguan kesehatan yang sejauh ini diderita oleh masyarakat.

BACA JUGA:Urgent, Puskesmas Tanjung Harapan Butuh Alat Pemeriksaan Kimia Darah dan Urin

Kepala Puskesmas Tanjung Harapan, Harmen, SKM, mengatakan. Kegiatan uji sampel air baku ini merupakan tindakan inisiatif dari tim Kesling di Puskesmas Tanjung Harapan untuk mengetahui sejauh mana kualitas kandungan air baku yang setiap hari dikonsumsi oleh masyarakat.

Uji sampel kata Harmen, dilakukan secara menyeluruh kepada 10 desa di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Harapan.

"Uji kualitas air ini kita lakukan dengan cara mengambil sampel dari masing-masing sumber air yang setiap hari digunakan oleh masyarakat di setiap desa. Selanjutnya sampel air yang kita ambil itu akan kita cek kandungan yang ada menggunakan alat yang kita miliki. Dengan harapan nantinya kita bisa mengetahui sejauh mana kualitas kandungan air yang setiap hari dikonsumsi oleh masyarakat," ungkap Harmen.

Selain untuk mencari tahu kualitas kandungan air, kata Harmen, uji sampel ini juga dilakukan untuk mencari tahu adanya korelasi pada gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kualitas air.

"Hasil uji kualitas air ini nantinya akan kita diskusikan dengan rekan-rekan di Kesling. Dari diskusi itu nanti kita akan berusaha mencari tahu. Apakah kualitas air di masing-masing desa ini ada korelasinya dengan gangguan kesehatan bagi masyarakat yang mengkonsumsinya dalam jangka panjang," demikian Harmen. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: