Urgent, Puskesmas Tanjung Harapan Butuh Alat Pemeriksaan Kimia Darah dan Urin

Urgent, Puskesmas Tanjung Harapan Butuh Alat Pemeriksaan Kimia Darah dan Urin

Vaksinasi massal di Puskesmas Tanjung Harapan beberapa waktu lalu--

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID- Kepala Puskesmas Tanjung Harapan, Harmen, S.KM, mengakui dukungan alat kesehatan (Alkes) masih dibutuhkan oleh pihaknya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya.

 

Beberapa Alkes yang dibutuhkan itu menurut Harmen, meliputi alat pemeriksaan kimia darah dan urin lengkap. Kedua alat tersebut dibutuhkan oleh Puskesmas untuk menunjang pelayanan kesehatan yang lebih luas kepada masyarakat.

 

"Dengan adanya kedua alat, ini maka masyarakat tidak perlu lagi pergi ke rumah sakit (RS), sehingga prsedur pelayanan bisa lebih cepat," jelasnya.

 

Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas sejauh ini menurut Harmen, baru sebatas pelayanan dasar. Pemeriksaan yang bersifat umum. Dan dengan kehadiran kedua Alkes pemeriksaan kimia darah dan urin, nantinya kata Harmen, alat tersebut akan menjadi instrumen yang digunakan dalam pengaturan klinis untuk melakukan pengujian urine secara otomatis.

 

Urine Analyzer merupakan alat yang dapat memeriksa urine dengan sistem otomatis. Sehingga zat kimia yang terkandung pada darah dan urin bisa terdeteksi secara jelas.

 

"Kalau alat ini ada. Maka masyarakat tidak perlu pergi ke laboratorium di RS. Untuk tes urin dan lain sebagainya sekarang masyarakat belum bisa kita layani. Karena alatnya belum kita miliki," imbuhnya.

 

Lebih jauh, kata Harmen, kebutuhan kedua jenis Alkes yang dibutuhkan oleh pihaknya ini sudah didukung dengan tenaga kesehatan. Sehingga Harmen, memastikan. Ketika Alkes tersebut berhasil dipenuhi. Maka Alkes tersebut bisa difungsikan langsung untuk melayani masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: