Kecamatan Ulok Kupai Targetkan 100 Persen ODF pada Tahun 2024

Kecamatan Ulok Kupai Targetkan 100 Persen ODF pada Tahun 2024

Open Defecation Free (ODF)--

RADARUTARA.ID- Kepala Puskesmas Tanjung Harapan, Harmen, S.KM, mengatakan, bahwa di tahun 2024 mendatang, pihaknya menargetkan seluruh desa di wilayah kerjanya dapat 100 persen open defecation free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan. 

Menurut Harmen, dalam beberapa tahun terakhir desa ODF di wilayah Kecamatan Ulok Kupai terus bertambah menjadi 7 desa hingga di akhir tahun 2023 ini. 

"Dari tahun ke tahun naiknya lumayan banyak. Sampai hari, ini total sudah 7 desa yang ODF," katanya.

BACA JUGA:Lewat Livin Playlater Kalian Bisa Dapatkan Pinjaman dari Bank Mandiri dengan Limit Rp20 Juta, Hanya 5 Menit

Agar dapat mencapai target tersebut, menurut Camat, dibutuhkan komitmen dari seluruh pihak, terutama desa dan masyarakat. Komitmen, itu dibutuhkan kata Harmen, untuk mendorong desa-desa yang masih belum ODF berubah menjadi ODF dan masyarakat kesadaran masyarakat tentang pola hidup sehat yang selama, ini masih cuek bisa meningkat. 

“Selain pendampingan dari kita (Puskesmas), juga dibutuhkan komitmen dari desa untuk mensosialisasikan pentingnya sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Supaya masyarakat bisa bersama-sama menciptakan pola hidup sehat dan tidak BAB sembarangan. Jika masyarakat sudah tidak BAB sembarangan, maka akan berdampak terhadap meningkatnya derajat kesehatab masyarakat," tandasnya.

"Jadi ini komitmen kita semua. Tentu kita dan desa, tidak bisa kerja sendiri. Semua harus bersinergi untuk mendorong agar masyarakatnya bisa BAB ditempat jamban yang sehat," imbuhnya. 

BACA JUGA:Bukan 60 Tahun Lagi, Tapi Segini Batas Usia Pensiun Guru dan Dosen Setelah Pemerintah Rombak UU ASN

Lebih jauh, Harmen menambahkan, bahwa saat ini masih ada tiga desa lagi di wilayah kerjanya yang belum ODF. Tiga desa, itu adalah Desa Pondok Bakil, Desa Tanjung Dalam dan Desa Pagardin.

"Penelusuran ke desa dan pendampingan sudah kita lakukan. Dan masing-masing Kades telah berkomitmen untuk mendorong desanya agar ODF. Insya Allah dengan tahapan yang sudah kita mulai sejak hari, ini maka di tahun 2024 nanti wilayah kita bisa 100 persen ODF," demikian Harmen.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: