Tidak Selalu Hamil, ini 5 Faktor Penyebab Haid Terlambat

Tidak Selalu Hamil, ini 5 Faktor Penyebab Haid Terlambat

Telat Haid bukan berarti selalu hamil--

Jika kamu sedang stres, hal ini bisa membuat tubuh jadi mudah terserang penyakit. Selain itu, stres juga bisa mengakibatkan haid jadi terlambat.

Karena disaat stres, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi akan terganggu. Akibatnya, haid pun jadi terlambat dan tidak teratur. Jadi sebaiknya hindari stres yang berlebihan

 

4. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Apakah kamu sedang memakai alat kontrasepsi seperti pil KB? Bisa jadi, ini adalah penyebab haidmu jadi tidak lancar. Hal ini dikarenakan pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin yang mencegah ovarium melepaskan telur.

Ketika kamu berhenti mengonsumsi pil KB juga dibutuhkan waktu selama 6 bulan agar siklus haid bisa kembali lancar seperti semula.

 

5. Memiliki penyakit kronis

Penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit seliaka juga bisa menjadi salah satu penyebab haid menjadi tidak lancar.

Diabetes menyebabkan perubahan gula darah terkait dengan perubahan hormon di tubuh sehingga haid pun menjadi tidak teratur.

Sementara penyakit seliaka juga bisa menyebabkan peradangan yang membuat usus kecil rusak. Hal ini yang dapat menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting sehingga menghambat siklus menstruasi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: