Tidak Selalu Hamil, ini 5 Faktor Penyebab Haid Terlambat

Tidak Selalu Hamil, ini 5 Faktor Penyebab Haid Terlambat

Telat Haid bukan berarti selalu hamil--

RADARUTARA.ID-Biasanya, siklus haid berkisar antara 21 hingga 35 hari. Tapi pada kenyataannya, tidak semua wanita memiliki siklus haid yang lancar dan sesuai jadwal.

Banyak wanita yang sering mengalami telat haid. Akan tetapi, telat haid tidak selalu menandakan kamu sedang hamil.

Ada macam-macam penyebab lain yang membuat haidmu terlambat. Berikut ini data yang berhasil dirangkum RadarUtara.Id tentang penyebab haid terlambat.

 

1. Mengalami Perubahan Berat Badan Secara Drastis 

Apakah kamu sedang dalam program diet atau kenaikan berat badan? Jika kamu mengalami penurunan maupun kenaikan berat badan secara drastis, hal ini dapat mengakibatkan siklus haidmu jadi berantakan.

Jika berat badan kamu kurang dari 10 persen dari berat badan ideal, maka fungsi tubuhmu akan terganggu dan ovulasi juga terhenti.

Begitu pula sebaliknya, apabila massa tubuhmu 25 hingga 30 atau bahkan lebih. Hal ini akan menimbulkan risiko siklus haid menjadi tidak lancar.

 

2. Mengalami Sindrom Ovarium Polikistik

Penyebab lainnya jika kamu mengalami Sindrom Ovarium Polikistik. Sindrom Ovarium Polikistik atau PCOS mengakibatkan gangguan ketidakseimbangan hormon kehamilan di mana wanita memiliki folikel tambahan yang membuat sel telur dilepas lebih lama dari biasanya.

Hal ini yang membuat PCOS merupakan salah satu faktor haid menjadi tidak lancar.

 

3. Mengalami Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: