Bumil dan Busui Wajib Perhatikan Tips ini Jika Ingin Berpuasa

Bumil dan Busui Wajib Perhatikan Tips ini Jika Ingin Berpuasa

Tips bagi bumil dan busui yang akan berpuasa agar tetap aman.--

RADARUTARA.ID- Momen puasa yang tinggal hitungan jam wajib disambut dengan persiapan yang matang, terutama untuk umat muslim yang memang diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. 

Namun sebagian besar ibu menyusui merasa khawatir jika nanti saat mereka berpuasa akan berpengaruh pada kandungan gizi dan produksi ASI. Sebenarnya puasa bagi ibu menyusui bukanlah masalah. Hanya saja memang ada beberapa hal yang perlu dipahami ibu menyusui sebelum mulai berpuasa.

Saat berpuasa, tubuh ibu menyusui akan tetap memproduksi ASI sama seperti saat sedang tidak puasa. Untuk itu Bumil dan juga Busui tidak perlu khawatir, berkurangnya jumlah asupan kalori yang dikonsumsi selama berpuasa tidak akan membuat perbedaan yang signifikan pada jumlah ASI yang diproduksi.

Dari segi kualitas nutrisinya, berpuasa dapat membuat kadar vitamin dan mineral, seperti seng, magnesium, serta kalium dalam ASI sedikit berkurang. Namun, hal ini tidak akan banyak berdampak pada bayi yang disusui, apalgi jika bayi juga sudah mulai MPASI, yang otomatis tetap memiliki asupan makanan langsung.

Jadi, menyusui saat puasa masih boleh dilakukan karena hal tersebut tidak akan banyak memengaruhi kesehatan bayi. Terkecuali jika sang ibu atau bayi memiliki riwayat penyakit tertentu yang meman tidak diijinkan berpuasa oleh tim medis.

Berikut Tips Puasa bagi Ibu Menyusui

Sebenarnya, ibu menyusui diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Namun, jika tetap ingin menjalani ibadah puasa, ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan:

1 Hindari melakukan aktivitas fisik berat

Agar tidak merasa kelelahan, Bunda sebaiknya tidak melakukan aktivitas berat selama menjalankan puasa. Usahakan memperbanyak istirahat di sela-sela kegiatan agar tubuh Bunda tidak kekurangan energi.

2. Jangan lewatkan sahur

Ibu menyusui dan ibu hamil tidak boleh melewatkan sahur. Makanan yang dikonsumsi saat sahur akan menjadi cadangan nutrisi dan kalori selama menjalani puasa seharian. Oleh karena itu, jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur juga perlu diperhatikan agar nutrisi Bunda tercukupi dan tetap bertenaga sepanjang hari.

3. Konsumsi beragam makanan bergizi

Ibu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap, termasuk protein, karbohidrat, serat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin D, vitamin B, asam folat, zat besi, zinc, selenium, dan kalsium.

Agar asupan nutrisi ibu menyusui dan bayi tetap terpenuhi selama berpuasa, bumil dan busui wajib mengkonsumsi sayur-sayuran, seperti brokoli, tomat, kol, jamur, atau kentang, buah-buahan, seperti alpukat, mangga, anggur, pisang, dan jeruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: