Mengenal Awal Mula Vespa Diciptakan dari Film Enrico Piaggio, Un Sogno Italiano

Mengenal Awal Mula Vespa Diciptakan dari Film Enrico Piaggio, Un Sogno Italiano

Sejarah panjang perubahan mesin pesawat yang diubah menjadi mesin motor vespa--

RADARUTARA.ID - Siapa yang tidak tahu dengan motor Vespa, sebuah merek motor jenis skuter yang berasal dari Italia dan memiliki bodi kembung serta suara khas mesin 2-tak.

Sama seperti motor lainnya, Vespa juga mempunyai klub penggemar fanatik di berbagai kota di Indonesia. Penggemar vespa disebut juga Piaggio Kodok karena mirip VW kodok. 

Namun tahukah kamu bagaimana awal mula dan sejarah vespa itu?

Kamu bisa mengetahuinya dari film asal Italy yang rilis pada tahun 2019 dengan judul Enrico Piaggio, Un Sogno Italiano. 

Sinopsis film yang berdurasi 120 menit ini diangkat dari kisah nyata yang menceritakan tentang awal mula vespa diciptakan. Berikut kami sajikan kisahnya.

Pada tahun 1944 dimana awal sejarah vespa dimulai, terlihat bagaimana sisa perang dunia kedua memberi dampak pada Pontedera. 

Kemudian pada tahun 1945 Enrico Piaggio dan beberapa rekannya berusaha membangun kembali perusahaan Piaggio yang sebelumnya memproduksi pesawat terbang dan sekarang telah hancur. Saat itulah Susso datang dan ia ditawarkan untuk menjadi sekretaris Enrico di perusahaan yang akan dirintisnya. 

Enrico mulai mencari bantuan modal untuk perusahaannya, namun direktur bank tidak memberi bantuan bahkan menyarankan untuk mencari project lain yang jauh dari ketertarikan Enrico. Enrico pun menolak tawaran direktur tersebut. 

Kemudian Enrico dan karyawannya mulai mendiskusikan apa yang akan diproduksi kedepannya. Mereka harus menciptakan suatu metode yang ekonomis dan sesuatu yang bisa dimiliki oleh semua orang, karena itu Enrico meyakinkan karyawannya untuk memproduksi kendaraan kecil menggunakan sisa-sisa bahan yang sebelumnya untuk membuat pesawat.  

Pada tahun 1946 Enrico mendapatkan bantuan untuk modal usahanya dari seorang Banker bernama Rocky. Namun ternyata Rocky berkhianat dan berniat membantu hanya untuk mendapatkan lisensi dari perusahaan Enrico.  

Berkat kegigihan Enrico dan karyawannya, vespa pertama kali diluncurkan namun tidak bisa dinaiki oleh semua orang, dan ia meminta untuk mendesain ulang.

Enrico pun meminta ide dari seorang perancang pesawat di Piaggio, Coradino D'Ascanio agar mengaplikasikan idenya untuk membuat kendaraan darat kecil dan ekonomis. 

Coradino yang pada awal menolak, akhirnya memberikan ide dan ide itu sangat di apresiasi oleh Enrico. 

Kendaraan yang dirancang oleh Coradino D'Ascanio itu dinamakan vespa, karena ucapan spontan dari Enrico dan kekasihnya Paula Lucerna saat mereka sedang mengetes kendaraan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: