Melalui RKPDes dan Musrenbangdes, Rizal Ajak Warga Dukung Pembangunan Desa

Melalui RKPDes dan Musrenbangdes, Rizal Ajak Warga Dukung Pembangunan Desa

Kegiatan Musrenbangdes di Taba Kulintang berjalan dengan lancar--

BATIK NAU RU.ID- Guna mendukung penyelenggaraan roda pemerintahan agar bisa sesuai dan berjalan dengan harapan masyarakat, Pemerintah Desa Taba Kulintang Kecamatan Batik Nau bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melaksanakan Penetapan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun 2023 sekaligus Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2024 di Kantor desa setempat, Selasa (13/12).

Musyawarah desa ini dihadiri oleh Sekcam Batik Nau, Kasi Pemerintahan, Kepala Desa Taba Kulintang, bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan lainnya.

Kegiatan musyawarah ini dilakukan guna menentukan arah kebijakan pemerintah desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan ataupun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan.

Kepala Desa Taba Kulintang, Rizal, S.Sos, mengatakan bahwa tujuan daripada musyawarah ini adalah langkah awal dalam rangka menyusun rencana pembangunan di tahun 2023.

"Musyawarah ini dilakukan untuk menentukan atau menyepakati mana yang menjadi skala prioritas dan mana yang tidak skala prioritas pembangunan yang diusulkan oleh masing-masing wilayah dusun, yang mana rencana pembangunan tersebut nanti akan dibiayai yang bersumber dari Dana Desa," ungkapnya.

Perlu dikatahui bahwa RKPDes dibiayai dari dana desa sedangkan musrenbangdes akan dibiayai oleh APBD atau APBN.

Sekcam Batik Nau, Sukarno, S.Pd berharap kepada penyelenggara agar mengutamakan aspirasi dan usulan dari semua stakeholder.

“Usulan dari masyarakat tidak hanya mengacu kepada pembangunan infrastruktur tapi juga pembangunan tetap memperhatikan peningkatan kesejahteraaan masyarakat melalui usulan dari aspek pemberdayaaan masyarakat,” tambahnya. (Adv)

Adapun beberapa usulan yang menjadi prioritas RKPDes Taba Kelintang tahun 2023:

  1. Pembangunan gedung serbaguna 10x12m
  2. Pengadaan sarana air bersih
  3. Pengoralan jalan
  4. Pembangunan TPQ 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: