RKPDes dan Musrenbangdes, Desa Suka Negara Fokus Pulihkan Ekonomi Warga

RKPDes dan Musrenbangdes, Desa Suka Negara Fokus Pulihkan Ekonomi Warga

Pemerintah Desa Suka Negara menggelar musyawarah penyusunan RKPDes 2023 dan Musrenbangdes 2024--

MARGA SAKTI SEBELAT, RADARUTARA.ID - Gelaran musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2023 dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun Anggaran 2024 telah dilaksanakan oleh Pemdes Suka Negara, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) pada Kamis (24/11) hari ini.

Sesuai program kebijakan dan program pembangunan yang telah diproyeksikan oleh pemerintah pusat. Di musyawarah RKPDes TA 2023 dan Musrenbangdes TA 2024 ini, arah pembangunan yang ditempuh oleh Pemdes Suka Negara masih sangat konsen untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi masyarakat di desanya. 

Disampaikan Wahidin, keseriusan itu terlihat dari beberapa rencana pembangunan yang telah diusulkan oleh masyarakat dan usulan pembangunan yang berhasil diinventarisir oleh desa baik berupa fisik maupun program-program pemberdayaan. 

"Ada pembangunan fisik berupa peningkatan  JUT, dukungan pemberdayaan dan masih banyak program pembangunan lainnya yang semua bermuara kepada upaya peningkatan atau pemulihan ekonomi masyarakat. Dan seluruh usulan, itu sudah kita tampung. Selanjutnya semua usulan, ini akan kita sesuaikan dengan kemampuan anggaran yang nanti kita terima dan mana saja yang kita anggap skala prioritas," ungkap kades.

Diakuinya, pada tahun 2023 mendatang pemerintah desa akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan program-program kerja yang menjadi skala prioritas bagi masyarakat. Khususnya, program kerja yang sebelumnya sempat terhambat atau belum sempat dilaksanakan akibat dampak Pandemi Covid-19. 


Rangkaian kegiatan musyawarah penyusunan RKPDes dan Musrenbangdes di Desa Suka Negara--

Ditargetkan Kades, seluruh bentuk program pembangunan yang dilaksanakan oleh desa nantinya harus memberi dampak secara langsung terhadap kegiatan perekonomian masyarakat di desanya. Terutama dalam peningkatan hasil produksi di sektor perkebunan yang menjadi sumber penghasilan masyarakat.

"Mulai dari program kerja yang sempat tertunda sampai program skala prioritas terbaru akan kita usahakan bisa terealisasi. Kita harapkan dan targetkan. Seluruh capaian program pembangunan yang kita laksanakan di TA 2023 mendatang bisa memberi dampak langsung terhadap peningkatan pendapatan masyarakat," lanjutnya.

Lebih jauh kepala desa menaruh harapan besar kepada seluruh jajaran lembaga dan unsur masyarakat di desanya untuk memberi dukungan penuh terhadap arah kebijakan pembangunan yang dilaksanakan oleh desa nantinya. Karena tanpa dukungan dari seluruh pihak. Tentu apa yang ingin dicapai oleh desa, ini akan sulit terwujud. 

"Yang paling penting dari rangkaian program pembangunan yang kita rencanakan saat, ini adalah dukungan dari seluruh pihak. Tanpa dukungan penuh dari seluruh pihak apapun program kerja yang direncanakan dan yang akan dilaksanakan oleh desa tidak akan berlangsung maksimal," demikian Kades.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Desa Suka Negara, Wahidin, beserta jajarannya, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Suka Negara, Leo Fernando, berikut anggotanya, Danramil Putri Hijau, Camat Marga Sakti Sebelat (MSS) yang diwakili oleh Kasi PMD, Joni Ismanto, ST, Bhabinkamtibmas, berikut unsur tokoh pemuda, agama, adat dan masyarakat di Desa Suka Negara. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: