Disnakertrans Bengkulu Utara Buka Pendaftaran Magang ke Jepang

Disnakertrans Bengkulu Utara Buka Pendaftaran Magang ke Jepang

Kabid SDM Disnakertrans Bengkulu Utara, Ibnu Zuhri, SH menjelaskan syarat magang ke Jepang--

ARGA MAKMUR RU.ID - Setelah vakum lantaran pandemi, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Bengkulu Utara (Disnakertrans BU) kembali membuka Program Magang ke Jepang tahun 2022. Jenjang pendidikan yang diterima saat ini pun mengalami penambahan.

Program magang ke Jepang ini berlangsung selama 3 tahun, terbuka untuk semua masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara (BU), baik wanita maupun laki-laki dengan usia maksimal 26 tahun. 

Pendaftaran telah dibuka mulai bulan Juni 2022 lalu dan akan ditutup sampai akhir Oktober 2022 mendatang. Setelah itu, pendaftar akan mengikuti tahapan seleksi secara langsung di Disnakertrans Provinsi Bengkulu pada November 2022 mendatang. 

Dikatakan Kabid Sumber Daya Manusia Disnakertrans Bengkulu Utara, Ibnu Zuhri, SH, kuota untuk Kabupaten Bengkulu Utara ada 150 orang. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan pada Selasa (27/9/2022) jumlah pendaftarnya baru ada 12 orang. Kesemuanya dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan masih banyak peluang untuk calon pendaftar lainnya. 

"Kita sebatas menerima dan memfasilitasi pemberkasan, sementara untuk seleksi nantinya akan dilaksanakan langsung oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu," jelasnya.

Diduga karena ketatnya syarat-syarat yang diterapkan untuk calon peserta magang, menjadi penyebab banyaknya calon pelamar yang gagal. Pasalnya, bukan hanya fisik yang dinilai. Namun juga wawasan dari calon peserta ikut menjadi faktor pendukung. Calon peserta nantinya akan menjalani tes fisik, tes tertulis dan juga tes wawancara.

"Selain harus dinyatakan lulus administrasi, calon peserta magang juga harus dalam kondisi fisik yang sehat dan juga mempunyai kecakapan intelektual," tambahnya.

Untuk posisi penempatan calon peserta magang, akan dibagi menjadi dua, yakni Caregiver untuk peserta perempuan akan bertugas mengasuh lansia baik di rumah pribadi maupun di rumah sakit, serta Reguler untuk peserta laki-laki dan nantinya akan ditempatkan di lokasi-lokasi pekerjaan yang memang sudah ditentukan.

"Jika sebelumnya hanya sebatas lulusan SMA sederajat, namun tahun ini juga dibuka untuk lulusan S1 sederajat. Setelah ikut program magang, tentu yang bersangkutan punya peluang untuk mendapatkan pekerjaan di Jepang," demikian Ibnu. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: