Agar Berkah, Ini Doa Minum Air Zamzam untuk Sembuhkan Penyakit Sesuai Sunnah

Minggu 26-05-2024,18:58 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Air zam-zam merupakan salah satu air suci bagi umat muslim. Sebelum meminumnya, umat islam dianjurkan untuk membaca doa minum air zam-zam terlebih dulu.

Air zam-zam ini asalnya dari sebuah sumur yang lokasinya di Masjidil Haram, lebih tepatnya di sebelah tenggara Ka'bah. Minum air zam-zam dipercaya bisa membawa berkah dan kebaikan untuk siapa saja, asalkan ada niat yang baik.

Kemunculan air zam-zam ini sudah ada sejak zaman nabi yang tercantum di dalam kisah putra Nabi Ibrahim, Ismail dan sang istri, Siti Hajar.

Seperti namanya dalam bahasa Arab, air zam-zam berarti melimpah atau banyak, maka tak heran kalau air tersebut sampai saat ini masih berlimpah ruah dan tidak pernah kekeringan.

BACA JUGA:Jamaah Haji Lansia Dihimbau Gunakan Kursi Roda saat di Masjidil Haram

Berikut ini doa yang dibaca ketika meminum Air Zamzam:

"Allaahumma innii as-aluka 'ilman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in."

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari tiap penyakit."

Ada pula bacaan doa lain untuk minum air zamzam sambil berdiri dengan menghadap kiblat.

Berikut bacaannya:

"Allahumma inni as'aluka 'ilman nafi'an wa rizqan wasi'an wa shifa'an min kulli da'in wa saqamin bi rahmatika ya arhamarrahimin."

Artinya: “Ya Allah! Sesungguhnya aku bermohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan penawar bagi segala penyakit; Dengan Rahmat Mu, Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang!"

Kategori :