5 Adab Minum Air Zamzam sesuai Sunnah Rasulullah SAW

5 Adab Minum Air Zamzam sesuai Sunnah Rasulullah SAW

5 Adab Minum Air Zamzam sesuai Sunnah Rasulullah SAW--

RADARUTARA.ID- Sebelum meminum air zam-zam, ada beberapa adab atau tata cara yang wajib diperhatikan saat hendak meminum air zam-zam. Berikut ini adab minum air zam-zam.

1. Sebelum minum membaca basmalah

Dalam agama Islam sendiri sudah diajarkan bahwa saat akan memulai sesuatu hendaknya membaca bismillah terlebih dahulu. Terutama sebelum kita minum air, wajib mengawalinya dengan doa atau kalimat Allah.

2. Menggunakan tangan kanan

Disunahkan dalam agama islam untuk makan dan minum memakai tangan kanan. Karena kalau menggunakan tangan kiri, maka sama saja kamu mengikuti perbuatan setan.

Bahkan kalau seseorang kidal atau selalu memakai tangan kiri, maka tetap dianjurkan untuk memakai tangan kanannya. 

BACA JUGA:Sushibysuzi Tempat Makan Khas Jepang yang nge-Hitz di Bengkulu

3. Tidak Minum Sambil Berdiri

Minum sambil berdiri adalah salah satu larangan yang mungkin telah diketahui oleh banyak muslim. Adab minum dalam Islam yang satu ini tercantum dalam sebuah hadis.

Itu sebabnya, alangkah baiknya untuk selalu minum dalam keadaan duduk. Dalam segi kesehatan juga, minum sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Hal ini lantaran air yang masuk akan tersebar ke dinding perut dan mengakibatkan kerusakan pada sistem pencernaan.

4. Minum dalam Tiga Tegukan

Kebanyakan orang minum dalam sekali tandas atau langsung habis dalam sekali teguk. Padahal sebenarnya, Rasulullah SAW mengajarkan untuk selalu minum dengan tiga kali nafas dengan jeda di setiap teguknya.

5. Membaca Hamdalah

Sama seperti membaca basmalah di awal, kita juga wajib membaca hamdalah dan bersyukur ketika sudah minum. Hal ini merujuk pada hadis berikut, yang mana Rasulullah SAW bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: