4 Khasiat Membaca Surah Al Maidah, Salah Satunya Dijauhkan dari Sifat Syirik

Jumat 12-01-2024,02:31 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Seluruh umat muslim alangkah baiknya mengetahui keutamaan yang terkandung ketika membaca surah Al Maidah.

Al Maidah mempunyai makna “jamuan atau hidangan makanan” dan menjadi surah yang terakhir diturunkan didalam Al-Quran. Surah Al Maidah ini diturunkan bertepatan dengan haji wada’ atau ibadah haji terakhir yang dilakukan oleh Rasulullah SAW sebelum beliau wafat.

Kandungan dari surah Al Maidah salah satunya berisi tentang Kalamullah atau firman Allah SWT yang berisikan kalau islam adalah agama yang paling sempurna.

"... pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu." (QS Al-Maidah: 3)

BACA JUGA:6 Instansi ini Akan Buka Formasi untuk SMA/SMK di Pendaftaran CPNS 2024, Berikut Rinciannya

Surah Al Maidah juga mempunyai keistimewaan dan keutamaannya tersendiri yang membedakannya dengan surah-surah lainya. Apa saja keutamaannya? Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Menjauhkan dari sifat syirik

Syirik atau menyekutukan Allah SWT merupakan perbuatan yang paling dibenci oleh-Nya dan menjadi salah satu dosa yang tidak terampuni bagi siapa saja yang mengerjakannya.

Salah satu keutamaan dan khasiat dari membaca Surah Al Maidah yaitu niscaya menjadi wasilah doa yang akan menghindarkan umat manusia dari sifat syirik.

2. Mengatasi keraguan dan perasaan waswas

Keutamaan atau manfaat dari membaca Surah Al Maidah yang selanjutnya yaitu dapat menjadi wasilah obat dari sifat ragu-ragu, bimbang dan waswas, khususnya saat ingin melakukan ibadah.

Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat ke-7 dari Surah Al Maidah. Tidak ditentukan jumlahnya, tetapi semakin banyak maka semakin makin baik.

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Kelicuk, Kue Tradisional khas Suku Rejang Bengkulu yang Manis dan Legit

3. Menyembuhkan penyakit dusta

Bagi orang yang sering berdusta dan ingin menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, membaca dan mengamalkan Surah Al Maidah bisa menjadi obatnya.

Kategori :