Siasati Harga Beras Naik, Mendagri Sarankan Masyarakat Makan Ubi hingga Talas, Tito: Itu Semua Enak-enak

Jumat 06-10-2023,15:22 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Harga beras di berbagai daerah mengalami kenaikan hingga membuat masyarakat mengeluh. Situasi, ini pun ditanggapi langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian.

Menurut Tito, masyarakat bisa mensiasati kenaikan harga beras saat, ini dengan menganti makanan pokok beras menjadi makanan non beras seperti ubi, talas hingga sorgum.

"Saran saya untuk kita semua, warga negara Indonesia, kuncinya selain stok adalah diversifikasi pangan," beber Tito seperti di kutip dari TEMPO.CO pada 3 Oktober 2023 di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta.

BACA JUGA:Air Terjun Tri Muara Karang, Jadi Objek Wisata Andalan Provinsi Bengkulu, Sandiaga Uno Pernah Kesini!

Tito, berharap, masyarakat tidak hanya mengandalkan beras. Tetapi masyarakat juga harus bisa memanfaatkan makanan lain yang sama-sama mengandung karbohidrat. Dan potensi, itu kata Tito, dimiliki oleh negara Indonesia.

"Jadi ada papeda, sagu, jagung, talas, yam, itu semua enak-enak itu. Ada ubi jalar, sorgum, sukun, banyak sekali yang bisa menjadi bahan pokok dan itu sehat," tambah Menteri yang pernah menjabat sebagai Kapolri itu.

Masih Tito, makanan pokok dari beras juga mengandung gula dan tidak bagus bagi kesehatan.

"Bisa jadi sumber penyakit diabetes melitus," imbuhnya.

BACA JUGA:Memperingati Hari Jadi Ke-46, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Lomba Foto Jurnalistik, Total Hadiah Rp105 Juta

Lebih jauh, Tito, mengatakan, saat ini sebagian besar orang justru beralih ke makanan non beras karena lebih sehat. Dan Tito, meminta peralihan makanan dari beras ke non beras, ini bisa dikampanyekan oleh semua orang.

"Agar masyarakat tidak bergantung kepada beras," singkatnya.

Sesuai informasi yang berhasil dirangkum oleh Radarutara.id dari berbagai sumber. Untuk harga beras saat, ini masih terjadi kenaikan.

Sebagai refrensi, untuk harga beras kualitas bawah I naik 0,75 persen sekarang menjadi Rp 13.350/Kg, beras kualitas bawah II naik 0,77 persen ke harga Rp 13.100/Kg. 

Sementara untuk harga beras dengan kualitas medium I naik 0,69 persen menjadi Rp 14.500/Kg, sedangkan beras medium II naik 0,7 persen menjadi Rp 14.300/Kg, beras kualitas super I naik 0,96 persen yang harganya saat ini mencapai Rp 15.850/Kg dan terakhir, beras kualitas super II naik 0,33 persen dengan harga Rp 15.200/Kg.*

Kategori :