Ternyata ini Biang Kerok Harga Beras Jadi Mahal Berkali-kali Lipat

Ternyata ini Biang Kerok Harga Beras Jadi Mahal Berkali-kali Lipat

Ternyata ini Biang Kerok Harga Beras Jadi Mahal --

RADARUTARA.ID - Harga Beras di pasaran beberapa waktu ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kenaikan ini terjadi bukan hanya pada beras premium tetapi juga pada beras kualitas medium.

Dilihat dari data panel harga pangan pada Minggu (25/2/2024) harga beras kualitas premium terpantau di harga Rp 15.870 perkilogram sedangkan untuk beras kualitas medium berada di harga Rp 14.390 perkilogram.

Jika melihat peraturan Badan Pangan Nasional no 7/2023 Harga Eceran Tertinggi (HET) yang berlaku sejak bulan Maret tahun 2023 lalu. Harga beras adalah Rp 10.900 per kg untuk kelas medium sedangkan untuk kelas premium per kg adalah Rp 13.900 yang meliputi zona 1 yang meliputi Jawa, Lampung, Sumsel, Bali, NTB.

BACA JUGA:Warisan Zaman Belanda, Jaringan Irigasi di Kecamatan Tanjung Agung Palik Perlu di Tingkatkan

BACA JUGA:Catat Tanggalnya, Ini Prediksi Libur Awal Puasa 2024 untuk Anak Sekolah

Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas), I Gusti Ketut Astawa, membeberkan penyebab harga beras yang melonjak adalah perubahan iklim yang tidak menentu. 

"Perubahan iklim yang menyebabkan harga beras di pasaran menjadi naik, kemaren pas kita melakukan pengecekan ke daerah Grobogan ada 3 ribu Hektare sawah yang terendam banjir," ujarnya.

Diungkapkan pula oleh Ketut, untuk saat ini pihaknya masih akan tetap mengacu pada kerangka Sampel Area (KSA) BPS, yang menyatakan bahwa akan ada minum kebutuhan beras. 

"Pada bulan Januari - Februari akan lumayan Koreksinya, akan tetapi pada bulan Maret mendatang menurut Prediksi KSA BPS produksi beras kita sudah akan berada pada posisi 3.5 juta ton. Dan ini akan menjadi surplus," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: