Ternyata Mendidik Anak Tumbuh Menjadi Generasi Hebat Ada Caranya, Ikuti Rumus 7x3 Versi Ali Bin Abi Thalib

Jumat 06-10-2023,03:07 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Ternyata mendidik anak agar tumbuh menjadi generasi yang hebat, bukanlah suatu hal yang mudah.

 Sehingga banyak orang tua yang mencari cara bagaimana memdirik anak agar tumbuh menjadi generasi yang hebat, seperti rumus 7x3 versi Ali Bin Abi Thalib berikut ini.

Lantas, bagaimana cara mendidik anak agar tumbuh menjadi generasi yang hebat, versi Ali Bin Abi Thalib ini? Tak perlu panjang lebar, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

BACA JUGA:Sekdaprov Lantik Haryadi, Jabat Kepala BKD Provinsi Bengkulu

1. 7 Tahun Pertama ( usia 0-7 tahun )

Kata Ali bin Abi Thalib, 7 tahun pertama ketima mendidik anak, diibaratkan dengan memperlakukan mereka layaknya seorang raja.

Artinya orang tua akan melayani anak dibarengi dengan sikap yang lemah lembut, tulus dengan sepenuh hati saat mengasuh anak. Tetapi bukan berarti wajib memanjakan anak secara berlebihan, namun tetaplah bersikap tegas dibarengi dengan penuh kasih sayang.

Apabila ingin memberitahu suatu hal, gunakanlah bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anak tanpa adanya nada kekerasan.

BACA JUGA:Bukan Bengkulu, Ternyata Provinsi ini Pemilik Kebun Sawit Terluas di Indonesia

2. 7 Tahun Kedua ( usia 7-14 tahun )

Anak umumnya sudah diberikan berbagai macam aturan yang berisi tentang kewajiban ataupun larangan, tetapi mereka juga memperoleh haknya secara proposional. Dalam hal ini, orang tua juga diharapkan bisa sadar untuk melakukan hak dan kewajiban untuk anak secara seimbang.

Di usia ini anak bisa diajarkan mengenai kewajibannya lantaran sudah mulai paham akan tanggung jawab dan konsekuensinya, kewajiban yang diberikan oleh orang tua kepada sang anak, bisa seperti ajaran agama.

Contohnya kewajiban untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Harus diingat dalam mendidik anak, tidak dianjurkan menggunakan kekerasan sebab setiap anak mempunyai kemampuan dan proses belajar yang berbeda, cukup berikan penjelasan kepada anak supaya mereka bisa menjalankan kewajiban sholat 5 waktu.

BACA JUGA:Rasulullah Melarang Mencela Makanan, Meskipun Itu Review Jujur, Ini Dalilnya

3. 7 Tahun Ketiga ( usia 14-21 tahun )

Kategori :