Dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara, Supervisi di Desa Tanjung Alai Sukses

Selasa 06-12-2022,18:21 WIB
Reporter : Sigit Haryanto

NAPAL PUTIH RU.ID - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melakukan supervisi ke Desa Tanjung Alai, Kecamatan Napal Putih pada Selasa (6/13). Pelaksanaan supervisi dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara Ny. Hj Eko Kurnia Ningsih Mian, berikut jajaran pengurus TP PKK Kabupaten BU di masing-masing Pokja. Camat Napal Putih, M Abduh Sadat, M.Pd, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut selaku Pembina TP PKK Kecamatan Napal Putih menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada tim supervisi dari TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara telah hadir di Desa Tanjung Alai.

Dalam Kesempatan tersebut, Camat meminta TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara untuk memberikan arahan kepada Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa agar bisa mengerti dan paham mengenai kegiatan 10 Program Pokok PKK sehingga PKK di Kecamatan Napal Putih bisa lebih maju.


TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara bersama PKK Desa Tanjung Alai--

Selain itu, Camat, juga mengharapkan agar TP PKK Kecamatan dan Desa turut membantu dalam percepatan penuntasan berbagai program pembangunan salah satunya yaitu program dalam pencegahan dan penurunan stunting yang sedang menjadi isu nasional.

“Upaya kita bersama menyukseskan program pembangunan di desa, kecamatan, daerah hingga pusat. Terutama dalam penanganan isu-isu nasional yang menjadi fokus pemerintah yakni kasus stunting," ujar Camat.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten BU, Ny Hj Eko Kurnia Ningsih Mian, mengatakan kegiatan supervisi yang dilaksanakan di Desa Tanjung Alai ini ditujukan untuk melihat langsung pelaksanaan program PKK yang telah berlangsung kepada PKK Desa Tanjung Alai yang sebelumnya telah melalui proses pembinaan secara bertahap oleh PKK Kabupaten dan PKK Kecamatan di TA 2022. 

“Kita juga melakukan evaluasi secara berjenjang pelaksanaan program kerja gerakan PKK di kecamatan serta desa untuk mengetahui permasalahan maupun kendala dalam pelaksanaan program kerja PKK” ujar Ketua TP PKK Kabupaten BU.

Lebih lanjut Ny Eko, mengatakan, dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK perlu dilakukan secara berjenjang dan tertib administrasi dan didukung oleh data potensial di desa dan kecamatan yang seluruhnya harus sinkron dan jelas sumber datanya. 


Ketua TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara, Ny Hj Ekjo Kurnia Ningsih Mian bersama anak-anak yang terampil menari saat menyambut kedatangannya--

“Basis data TP PKK di tingkat desa harus dimaksimalkan. Khususnya TP PKK harus bisa mengaktifkan kegiatan di Pokja Dasawisma” tambahnya. 

Ny Eko, berharap secara berjenjang tim PKK kabupaten dan kecamatan dapat melaksanakan supervisi ke tingkat desa yang ada di wilayah kerja masing-masing. Sehingga visi dan misi PKK khususnya dalam mendukung Program pemerintah pusat dapat tercapai secara maksimal.

”Saya berharap program kerja PKK, ini dapat didukung dengan anggaran dari desa. Selain, itu dalam penyusunan program kerja masing-masing bidang atau Pokja harus sinkron dan diselaraskan dengan program TP PKK pusat yang secara berjenjang disampaikan kepada pengurus PKK kecamatan dan kabupaten,” pintanya. 

Selebihnya, NY Eko, berpesan kepada kepada seluruh kader PKK Desa untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreatifitasnya. 

"Semua pihak harus bersinergi. Sehingga peran PKK untuk menyukseskan program kerja pemerintah bisa terlaksana dengan maksimal. Khususnya dalam konteks membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk," tuturnya.


Tamu undangan yang hadir dalam kegiatan supervisi PKK di Desa Tanjung Alai--

Kategori :