Benarkah Ban Bisa Kadarluarsa, Jangan Gunakan Lagi Ban Tak Layak Pakai

Benarkah Ban Bisa Kadarluarsa, Jangan Gunakan Lagi Ban Tak Layak Pakai

Benarkah Ban Bisa Kadarluarsa, Jangan Gunakan Lagi Ban Tak Layak Pakai--

RADARUTARA.ID- Penggunaan Ban sering sekali dianggap menggunakan batas umur, sehingga pemilik kendaraan harus selalu mengganti ban kendaraannya, akan tetapi benarkah hal tersebut?

Anggapan soal ban mobil atau sepeda motor yang bisa kadaluarsa ketika disimpan terlalu lama selalu saja menjadi perdebatan hingga saat ini, apalagi hal ini lantaran sering sekali terjadi kecelakaan lalu lintas 

Menjawab hal ini, Mekanik Kota Bengkulu Galang Niko menegaskan, ban tidak memiliki masa kedaluwarsa. Oleh sebab itu ban harus selalu di simpan di tempat yang baik.

"Ban tidak memiliki batas waktu kadaluarsa, asalkan selalu disimpan di tempat yang benar, sehingga ban masih bisa digunakan," ungkapnya.

BACA JUGA:Jangan Langsung Pindah, Ini 5 Tips yang Harus Kamu Lakukan Jika Merasa Salah Jurusan Kuliah

Dijelaskannya pula, penyimpanan ban yang dimaksud adalah ban tidak terkena sinar matahari, dalam suhu normal, kelembaban terjaga dan jauh dari benda yang menghasilkan reaksi kimia.

"Kalo kelembaban ban terjaga dan berada di suhu normal, maka ban akan selalu bagus," ujarnya 

Hal senada juga diungkapkan oleh Kiki mekanik yang ada di kota Bengkulu Menurutnya, ban bukan seperti makanan yang memiliki masa kadaluarsa.

Ditegaskan juga Kiki jangan salah kaprah soal kode atau angka-angka yang biasanya ada di dinding ban.

Hal tersebut bukan mengartikan periode waktu masa pakai, melainkan informasi soal kapan ban diproduksi.

"Kode produksi tersebut terkait beragam hal, seperti dibuat pada minggu ke berapa dan pada tahun berapa. Hal ini berguna bagi perusahaan untuk melakukan pelacakan bila terjadi sesuatu, seperti cacat produksi dan lain sebagainya, bukan masa kadaluarsa" tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: