Harus Peka, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Kekurangan Angin, Bisa Bahayakan Perjalananmu

Harus Peka, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Kekurangan Angin, Bisa Bahayakan Perjalananmu

Harus Peka, Ini Tanda - Tanda Ban Mobil Kekurangan Angin--

RADARUTARA.ID- Para pengendara mobil harus peka untuk melihat apakah kondisi ban mobil mereka dalam kondisi optimal ataupun kekurangan angin. 

Akan tetapi hal ini kerap sekali diabaikan, padahal kekurangan angin pada ban bisa menyebabkan berbagai masalah serius yang bukan hanya bisa menyebabkan kerusakan mobil juga bisa mengancam keselamatan pengemudi dan penumpang.

Oleh sebab itu perlu dikenali tanda-tanda ban mobil kekurangan angin untuk mencegah resiko tersebut.

Tanda ban paling umum bisa dirasakan adalah ketika perubahan dalam kenyamanan dalam berkendara, jika mobil dengan ban nya kurang udara maka bakal memberikan suspensi yang kurang stabil, terasa lebih keras ketika melewati jalan yang tidak rata.

BACA JUGA:5 Langkah Mudah Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki yang Belang dengan Cepat

Rama, pemilik bengkel mobil di kota Bengkulu menyampaikan, jika ban mobil kekurangan angin maka pengendara bakal merasakan getaran ataupun bunyi yang tidak biasa saat mobil melaju. 

"Yang paling umum dapat dirasakan adalah mobil tidak stabil dan juga lebih keras saat melewati jalan jalan yang tidak rata," ujarnya.

Dikatakannya pula, hal lain yang juga sangat perlu untuk di waspadai adalah performa kendaraan yang menurun. Hal ini lantaran mobil yang kekurangan angin bakal sangat sulit untuk dikendalikan.

"Apalagi ketika berbelok atau sedang mengeram mendadak, tentunya kondisi tersebut sangat berbahaya terutama di jalanan yang padat atau dalam kondisi cuaca buruk. Penurunan efisiensi bahan bakar juga bisa menjadi indikator ban kurang udara, karena akan meningkatkan gesekan dengan permukaan jalan, sehingga mesin harus bekerja lebih keras," ujarnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: