Sidang Isbat Sudah Dilaksanakan, 1 Dzulhijjah Jatuh pada Tanggal Berapa?

Sidang Isbat Sudah Dilaksanakan, 1 Dzulhijjah Jatuh pada Tanggal Berapa?

1 Dzulhijjah Jatuh pada Tanggal Berapa?--

RADARUTARA.ID- Pemerintah Indonesia sudah mengumumkan hasil sidang isbat Idul Adha untuk menetapkan awal bulan Dzulhijjah 1445 H. Menurut hasil sidang isbat, tanggal 1 Dzulhijjah jatuh di tanggal 8 Juni 2024.

"Disepakati kalau 1 Dzulhijjah tahun 1445 H jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024 Masehi. Dan insyaallah Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Senin 17 Juni 2024," ungkap Saiful Rahmat Dasuki selaku Wakil Menteri Agama saat Konferensi Pers Penetapan 1 Dzulhijjah 1445 H, Jumat (7/6/2024) lalu.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab dan rukyat yang sudah dilakukan Tim Hisab Rukyat dan dikonfirmasi oleh petugas Kemenag RI di daerah. Adapun proses rukyatul hilal dilakukan di 144 titik yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:Dijuluki Kampung Sapi, Ternak di Desa Ini Terkenal Gemuk-gemuk dan Sehat, Ternyata Ini Rahasianya

Hasil perhitungan rukyat penentuan awal bulan Dzulhijjah ini serupa dengan hasil memakai metode wujudul hilal. Penentuan awal bulan Dzulhijjah memakai metode wujudul hilal sendiri sudah dilaksanakan dan ditetapkan melalui Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Dari hasil kedua metode tersebut, tanggal 1 Dzulhijjah 1445 H sama-sama jatuh di hari Sabtu 8 Juni 2024. Sehingga, perayaan Hari Raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah juga sama-sama jatuh di hari Senin 17 Juni 2024.

Itu sebabnya, semua masyarakat di Tanah Air akan merayakan Idul Adha secara serentak. Baik jemaah organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan juga Muhammadiyah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: