Dipanggil ke Kecamatan, PT BAMA Siap Perbaiki Longsor yang Terjadi di Jalan Poros Jabi-Tanjung Alai

Dipanggil ke Kecamatan, PT BAMA Siap Perbaiki Longsor yang Terjadi di Jalan Poros Jabi-Tanjung Alai

Rapat antara PT BAMA dan pemerintah Kecamatan Napal Putih--

RADARUTARA.ID- Longsor yang terjadi pada akses jalan Desa Jabi-Desa Tanjung Alai, Kecamatan Napal Putih, belum lama ini turut menuai reaksi dari Pemerintah Kecamatan Napal Putih.

Konkretnya pada Senin (27/5) hari, ini pemerintah Kecamatan Napal Putih telah memanggil sejumlah pimpinan perusahaan batu bara (BB) yang ada di wilayah Desa Jabi dan Desa Tanjung Alai guna menindak lanjuti peristiwa longsor yang terjadi kepada akses jalan penghubung antar desa di Kecamatan Napal Putih tersebut.

Kepada radarutara.id, Pj Kades Jabi, Parmandin, mengatakan, dalam pertemuan yang difasilitasi oleh pemerintah Kecamatan Napal Putih itu managemen PT BAMA tak menyangkal, jika longsornya badan jalan penghubung Desa Jabi-Desa Tanjung Alai, itu tidak terlepas akibat dampak aktivitas perusahaan. Dimana jarak antara aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh perusahaan dengan badan jalan itu hanya bekisar 10 meter dari titik aman.

"Ditambah cuaca hujan seperti, ini. Sehingga sangat memungkinkan aktivitas perusahaan turut berdampak terhadap peristiwa longsornya badan jalan yang menghubungkan desa kami dengan Desa Tanjung Alai," pungkas Kades.

BACA JUGA:Jalan Poros Provinsi di Desa Jabi Longsor, Aktivitas Tambang Batu Bara Diduga Jadi Penyebabnya

Ditambahkan Kades, sebagai bentuk tanggung jawabnya. Managemen perusahaan berkomitmen akan mengatasi longsor yang terjadi. Dan perusahaan telah membuka diri kepada pemerintah desa setempat untuk mengkomunikasikan agenda perawatan jalan yang dibutuhkan.

"Mulai besok perusahaan berjanji akan mulai menangani longsor yang mengancam akses jalan tersebut. Selain, itu perusahaan juga membuka diri kepada desa untuk memfasilitasi perawatan jalan. Terakhir, perusahaan juga akan berusaha mengkomunikasikan kepada sub kontraktor yang ada untuk memberdayakan tenaga kerja dari desa penyangga," ungkap Kades.

"Apa yang sudah menjadi komitmen perusahaan, ini akan kita awasi. Khususnya soal janji perusahaan yang akan menangani longsornya badan jalan penghubung Desa Jabi-Desa Tanjung Alai," pungkasnya.

Hadir dalam agenda pertemuan yang berlangsung di Kantor Camat Napal Putih, ini adalah Camat Napal Putih, Bambang Abdul Mutalib, managemen PT BAMA, Pemdes Jabi, Pemdes Tanjung Alai dan segenap perwakilan masyarakat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: