Korem 041/Gamas Terjunkan 1 Unit Alat Berat untuk Cetak Sawah di Pulau Enggano

Korem 041/Gamas Terjunkan 1 Unit Alat Berat untuk Cetak Sawah di Pulau Enggano

Korem 041/Gamas Terjunkan 1 Unit Alat Berat Untuk Cetak Sawah di Pulau Enggano --

RADARUTARA.ID- Korem 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu menerjunkan satu unit alat berat, jenis wheel excavator untuk mempercepat proses cetak sawah di Desa Kaana Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara.

Danrem 041/Gamas Bengkulu,  Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen menyampaikan bahwa, pengerahan alat berat itu dilakukan guna mempermudah proses cetak sawah. Sebab, kontur tanah di areal persawahan di Desa Kaana terbilang sangat keras, akibat lama terbengkalai.

"Awalnya kami akan olah lahan menggunakan hand traktor. Namun, ternyata tanahnya sudah sangat keras. Maka itu kami berinisiatif menerjunkan excavator, agar pengelolaan lahannya bisa lebih mudah," jelasnya.

BACA JUGA:Perkuat Ketahanan Pangan, Korem 041/Gamas Siapkan 1.075 Hektar Lahan Sawah di Enggano

Ia juga menjelaskan bahwa di Desa Kaana ada potensi lahan persawahan seluas 25 hektar. Lahan tersebut selama ini terbengkalai. Ia berharap dengan adanya pengelolaan lahan ini. Maka Pulau Enggano bisa menjadi lumbung pangan bagi masyarakat.

"Proses pengelolaan lahan persawahan ini sudah kami laksanakan sejak satu Minggu terkahir. Di mulai dari perbaikan irigasi, dan saat ini sudah mulai proses cetak sawahnya," ujar Danrem, Jumat (24/5/2024).

"Kami targetkan pada pertengahan bulan Juni mendatang, proses tanamnya sudah bisa kita mulai," imbuhnya.

Sebagai informasi, selain lahan persawahan di Desa Kaana, Korem 041 Gamas juga menargetkan untuk melakukan pengelolaan lahan persawahan di Desa Banjarsari seluas 800 hektar dan di Desa Kahyapu sebanyak 250 hektar. Lahan-lahan tersebut saat ini kondisinya juga terbengkalai.

Danrem berharap, melalui pengelolaan lahan tidur ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, sekaligus menjadikan Pulau Enggano sebagai salah satu lumbung pangan bagi masyarakat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: