3 Cara Efektif untuk Mendukung Kesehatan Mental Remaja yang Perlu Orang Tua Tahu dan Terapkan Segera

3 Cara Efektif untuk Mendukung Kesehatan Mental Remaja yang Perlu Orang Tua Tahu dan Terapkan Segera

3 Cara Efektif Untuk Mendukung Kesehatan Mental Remaja yang Perlu Orang Tua Tahu--

Beberapa remaja mungkin akan dengan mudah terbuka dan berbicara tentang perasaan mereka, tetapi sebagian lainnya mungkin tidak demikian. Sebagai orang tua atau pengasuh, adalah tugas Anda untuk mencoba mendorong anak remaja mengungkapkan perasaan mereka dengan cara yang tepat. Hindari memberikan tanggapan yang menghakimi atau meremehkan ketika mereka sedang bercerita.

Sebaliknya, pikirkan bagaimana Anda dapat menciptakan ruang yang aman dan nyaman bagi mereka untuk mengungkapkan perasaan mereka dengan bebas.

Hal ini dapat dimulai dengan memperjelas bahwa Anda berada dalam peran suportif untuk mendengarkan mereka tanpa menghakimi. Memberikan peran suportif untuk mendengarkan perasaan anak remaja secara konsisten dapat mencegah mereka dari reaksi negatif seperti mengabaikan atau meremehkan perasaan diri sendiri, atau terburu-buru menutup percakapan.

BACA JUGA:7 Cara Mudah untuk Membantu Tangani Emosi Anak dengan Sifat Sensitif, Agar Merasa Lebih Baik

3. Akui Penanda Lain Bahwa Hal Ini Mungkin Salah

Mempromosikan kesehatan fisik yang baik dengan cara hidup sehat dan menjaga kebersihan diri pada remaja merupakan cara yang baik bagi orang tua dan pengasuh untuk mengenali tanda-tanda jika ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan mental anak mereka.

Perubahan drastis dalam pola tidur, pola makan, atau penampilan fisik dapat menjadi indikator bahwa remaja tersebut mungkin sedang mengalami masalah kesehatan mental yang perlu ditangani dengan serius.

Dengan menerapkan tiga cara efektif tersebut, para orang tua dan pengasuh dapat memberikan dukungan yang optimal bagi kesehatan mental remaja, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang sehat secara mental dan emosional, serta mampu menjalani kehidupan dengan penuh kebahagiaan dan kepuasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: