Ini Keutamaan Surat Al Waqiah dan Waktu yang Tepat Membacanya, Niscaya Keberkahan Akan Mengikuti Kamu

Ini Keutamaan Surat Al Waqiah dan Waktu yang Tepat Membacanya, Niscaya Keberkahan Akan Mengikuti Kamu

Keutamaan Surat Al Waqiah dan Waktu yang Tepat Membacanya--

RADARUTARA.ID- Dalam Islam kita senantiasa di perintahkan untuk memperbanyak membaca ayat ayat Alqur'an. Setiap ayat ayat tersebut memiliki keutamaannya sendiri dan bernilai pahala bagi mereka yang mau membacanya, salah satunya yaitu surah al-waqiah yang merupakan surah ke 46 di dalam Al-Qur'an dan memiliki 96 ayat.

Surah Al waqiah sendiri memiliki sejumlah keutamaan seperti, melancarkan rezeki, melapangkan urusan, dan memudahkan segala pekerjaan.

Dalam salah satu sabdanya Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barang siapa membaca surah Al-Waqiah setiap malam, dia tidak akan mengalami kefakiran (kemelaratan)." (HR Al- Baihaqi). 

Adapun manfaat dari surah Al-waqiah sendiri seperti yang terdapat di dalam buku rahasia dahsyat al-fatihah, ayat kursi dan Al waqiah. Berikut pembahasannya.

Bagi seseorang yang senantiasa mengamalkan surah al-waqiah ini maka hidupnya akan selalu senantiasa diberikan kelapangan dalam rezeki dilapangkan karirnya dan dilancarkan semua pekerjaannya.

Adapun waktu yang tepat untuk membaca surah ini seperti yang dijelaskan dalam kitab Al-Adzkar yang diterjemahkan Ulin Nuha, Imam an-Nawawi menuliskan sebuah hadits Ibnu Sinni, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah pada setiap malam hari, niscaya ia tidak akan tertimpa kemiskinan."

Pada dasarnya membaca surah-surah di dalam AlQuran merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan oleh seorang hamba kepada Allah SWT.

Oleh sebab itulah membaca surah al-waqiah ini di samping sebuah ayat Alquran kita juga berkomunikasi kepada Allah untuk memohon perlindungan dan kemurahan dalam rezeki. Seperti yang terdapat di dalam sebuah sabda Rasulullah kepada sayyidina Ali, "Hendaklah engkau membaca Al-Qur'an dalam setiap keadaan."

Di samping membaca surah alwaqiah ada sebuah amalan sunnah setelah membaca surah tersebut, doa tersebut dijelaskan di dalam kitab Khulashoh Nabawiy, berikut adalah doa setelah membaca surat Al-Waqiah:

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثاء) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta'thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a'tho na wa nubtala bi zammi man man ana wa anta min wara-i zalika ahlul 'atho-i wal man-'i. Allahumma kama shunta wujuhana 'anis sujudi illa laka fa shunna 'anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamarrohimin wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya:

"Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: