3 Kelompok Orang yang Dianjurkan Membatasi Konsumsi Makanan Bersantan

3 Kelompok Orang yang Dianjurkan Membatasi Konsumsi Makanan Bersantan

3 Kelompok Orang yang Dianjurkan Membatasi Konsumsi Makanan Bersantan--

RADARUTARA.ID- Salah satu bahan makanan yang tidak pernah terpisahkan dari kuliner masyarakat Indonesia adalah santan, sebuah bahan yang dihasilkan dari tumbuhan pohon kelapa di mana diambil dari buahnya. Pengolahan santan menjadi sebuah makanan terutama masakan gulai menjadi dan menambah cita rasa gurih tersendiri. 

Selain itu dalam santan juga mengandung sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh namun dengan catatan mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar, jika mengkonsumsi secara berlebihan justru akan memberikan dampak yang buruk dan berpotensi merusak kesehatan tubuh.

Bahkan santan ini juga tidak disarankan untuk orang-orang yang mengalami penyakit tertentu dalam tubuhnya Siapa sajakah mereka berikut ulasannya: 

BACA JUGA:Salah Satu Golongan Jin yang Tertinggi adalah Jin Ifrit, Ini Keunggulan Makhluk Ciptaan Allah Ini

1. Pengidap maag dan GERD

Di dalam santan mengandung lemak  jenuh yang cukup tinggi, yang tentunya dapat merangsang produksi cairan asam lambung, sehingga efek tersebut tidak baik untuk seseorang yang menderita penyakit maag dan GERD, Bahkan dalam satu cangkir santan atau setara dengan 240 gram mengandung setidaknya 57 gram lemak.

Di mana lemak tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh lambung yang pada akhirnya akan memicu produksi cairan asam lambung sehingga menimbulkan refluks. Oleh sebab itulah penderita penyakit ini disarankan untuk senantiasa mengkonsumsi secukupnya dan seadanya.

2. Pengidap kolesterol tinggi

Bagi pengidap penyakit kolesterol yang tinggi santan juga disarankan untuk kita bisa mungkin dihindarkan, sebab seperti internet dijelaskan bahwasanya dalam santan mengandung banyak sekali lemak apalagi kebiasaan masyarakat Indonesia yang sering mengolah santan dengan berbagai macam jenis daging yang tentunya memiliki lemak yang cukup tinggi.

Oleh sebab itulah penderita penyakit kolesterol disarankan untuk sebisa mungkin menghindari agar tidak menimbulkan masalah.

BACA JUGA:Cara Awet Muda Paling Populer, dengan Senam Wajah dan Guasha, Apakah Sangat Efektif?

3. Pengidap penyakit jantung

Pengidap penyakit jantung juga disarankan untuk sebisa mungkin menghindari makanan yang bersantan, sebab santan mampu memicu kolesterol. Dengan kolesterol yang tinggi tersebut tentunya akan menimbulkan efek pada penyakit jantung.

Sebab jika kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh maka hal tersebut dapat menyumbat pembuluh darah atau disebut juga dengan arteriosklerosis. Jika kondisi ini terus dibiarkan maka seiring waktu akan mengganggu aliran darah dan memicu kerusakan pembuluh darah di jantung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: