Salah Satu Golongan Jin yang Tertinggi adalah Jin Ifrit, Ini Keunggulan Makhluk Ciptaan Allah Ini

Salah Satu Golongan Jin yang Tertinggi adalah Jin Ifrit, Ini Keunggulan Makhluk Ciptaan Allah Ini

Mengenal Jin Ifrit yang Disebut Golongan Tertinggi Kelompoknya--

RADARUTARA.ID- Di dalam Alquran banyak sekali hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil, terdapat beberapa cerita dan kisah-kisah umat terdahulu yang dapat kita ambil pelajaran serta ilmu pengetahuan yang senantiasa terbuka untuk kita pelajari.

Selain itu di dalam Alquran juga menggambarkan beberapa makhluk ciptaan Allah SWT dengan keunikan dan kelebihan yang dimilikinya Salah satunya jin. 

Dijelaskan di dalam Alquran pula bahwasanya terdapat beberapa jenis yang penuh dengan tipu daya dan muslihat sebut saja seperti jin ifrit, dijelaskan bahwasanya jin ifrit merupakan salah satu golongan j in yang terdapat pada golongan atas yang sering dianggap sebagai raja dari seluruh bangsa jin. Mereka memiliki kekuatan yang dahsyat dan seringkali menunjukkan sifat keji dan tipu daya.

Selain itu golongan jin juga terbagi menjadi dua yaitu golongan yang kafir dan golongan yang muslim, seperti yang dijelaskan di dalam buku analisis penafsiran imam Al-Alusy tentang Jin, Iblis, dan Setan oleh Nuramin, terdapat jin yang memiliki iman dan kebaikan, terdapat pula jin yang memiliki kemampuan untuk menjerumuskan manusia dan ada juga jin yang netral tidak pula mengganggu manusia. 

Sedangkan untuk jin ifrit sendiri merupakan golongan jin yang memiliki perangai buruk yang senantiasa mengajak manusia untuk berbuat maksiat dan terjerumus dalam perbuatan dosa.

Dijelaskan oleh Imam Al-Alusy bahwasannya perawatan dan bentuk tubuh jin ifrit sendiri sangatlah besar dan seringkali jahat. Mereka seringkali dianggap sebagai pemimpin dari bangsa jin yang sudah tentu memiliki kekuatan dan tipu daya yang amat lah kuat.

Seperti yang dijelaskan di dalam Alquran surah an-naml ayat 39 Allah SWT berfirman: 

قَالَ عِفْرِيْتٌ مِّنَ الْجِنِّ اَنَا۠ اٰتِيْكَ بِهٖ قَبْلَ اَنْ تَقُوْمَ مِنْ مَّقَامِكَۚ وَاِنِّيْ عَلَيْهِ لَقَوِيٌّ اَمِيْنٌ

Artinya: Ifrit dari golongan jin berkata, "Akulah yang akan mengantarkannya kepadamu sebelum engkau berdiri dari singgasanamu. Sesungguhnya aku sangat kuat dan dapat dipercaya."

Dijelaskan dalam ayat di atas bahwasanya jin ifrit juga hadir di dalam kerajaan nabi Sulaiman as. Bahkan ditafsirkan oleh Imam Al-Alusy bahwasanya kemampuan jin ifrit ini mampu memindahkan singgasana ratu Balqis sebelum nabi Sulaiman beranjak dari tempat duduknya. Sementara itu dari segi karakteristiknya jin ifrit memiliki sejumlah karakter diantaranya:

1. Jin ifrit merupakan golongan tertinggi di antara jin, sering dianggap sebagai raja jin

2. Golongan jin ifrit dibagi menjadi dua, yaitu yang memeluk Islam dan yang kafir

3. Kekuatan jin ifrit setara dengan seribu jin biasa, menunjukkan tingkat kekuatan yang luar biasa

4. Kekuatan mereka jauh melebihi golongan jin lainnya, membuat mereka menjadi entitas yang sangat kuat

5. Sebagian jin ifrit memiliki sayap, namun ada juga yang tidak memiliki ciri ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: