Sabar Itu Tanpa Batas, Ini 12 Ayat Al-Qur'an dan Hadits tentang Pentingnya Menjaga Kesabaran

Sabar Itu Tanpa Batas, Ini 12 Ayat Al-Qur'an dan Hadits tentang Pentingnya Menjaga Kesabaran

Sabar Itu Tanpa Batas, Ini 12 Ayat Al-Qur'an dan Hadits tentang Pentingnya Menjaga Kesabaran--

RADARUTARA.ID- Salah satu sikap yang mulia yang dimiliki oleh nabi Muhammad SAW adalah sikap sabar, sabar dalam hal menerima cobaan dari Allah SWT dan terus berpikir positif bahwasanya Allah memberikan cobaan atas dasar kemampuan hambanya. Dalam Alquran sendiri Allah SWT berfirman yang menceritakan tentang orang-orang yang sabar seperti yang dijelaskan di dalam surah Ali Imran ayat 146 yang berbunyi: 

وَكَأَيِّن مِّن نَّبِىٍّ قَٰتَلَ مَعَهُۥ رِبِّيُّونَ كَثِيرٌ فَمَا وَهَنُوا۟ لِمَآ أَصَابَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَمَا ضَعُفُوا۟ وَمَا ٱسْتَكَانُوا۟ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya: Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.

Dijelaskan dalam sebuah buku yang berjudul mempertajam mata batin dengan amalan puasa ya Man huwa yang ditulis oleh Halimatussa'diyah, dijelaskan bahwasanya kata sabar berasal dari bahasa Arab yaitu ash-shabru yang berarti tahan. Dari makna kata tersebut dapat kita pahami bahwasanya sikap sabar adalah sikap yang tahan dan tidak mudah mundur dengan hal-hal apapun. 

Sikap sabar diperlukan dalam menjalani hubungan dengan sesama manusia, sikap sabar memiliki beberapa keutamaan bagi orang-orang yang mengamalkannya. Salah satunya apabila kita senantiasa memiliki sifat sabar maka hal tersebut akan mendorong setiap orang untuk terus bertawakal kepada Allah SWT dan berusaha dan menyerahkan sisanya kepada Allah SWT.

Di dalam Alquran dan hadist sendiri terdapat beberapa penjelasan tentang anjuran sikap sabar dan keutamaan bagi orang-orang yang bersikap sabar tersebut.

1. Surat As Sajdah Ayat 24

وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ اَىِٕمَّةً يَّهْدُوْنَ بِاَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوْاۗ وَكَانُوْا بِاٰيٰتِنَا يُوْقِنُوْنَ

Artinya: "Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami selama mereka sabar. Mereka meyakini ayat-ayat Kami."

2. Surat Az Zumar Ayat 53

قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Artinya: Katakanlah, "Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang."

3. Surat Al Baqarah Ayat 153

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

4. Surat An Nahl Ayat 126

وَاِنْ عَاقَبْتُمْ فَعَاقِبُوْا بِمِثْلِ مَا عُوْقِبْتُمْ بِهٖۗ وَلَىِٕنْ صَبَرْتُمْ لَهُوَ خَيْرٌ لِّلصّٰبِرِيْنَ

Artinya: "Dan jika kamu membalas, maka balaslah dengan (balasan) yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang yang sabar."

5. Surat Thaha Ayat 132

وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلٰوةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَاۗ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًاۗ نَحْنُ نَرْزُقُكَۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوٰى

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: