7 Manfaat Temulawak, Tanaman Obat Legendaris dan Masih Menjadi Primadona Masyarakat Indonesia

7 Manfaat Temulawak, Tanaman Obat Legendaris dan Masih Menjadi Primadona Masyarakat Indonesia

7 Manfaat Temulawak, Tanaman Obat Legendaris Dan Masih Menjadi Primadona Masyarakat Indonesia--

RADARUTARA.ID- Salah satu tanaman herbal di Indonesia yang mendapatkan gelar sebagai tanaman obat unggulan yaitu temulawak, hal tersebut ditetapkan oleh kementerian kesehatan pada November 2023 yang lalu.

Hal tersebut disebabkan karena di dalam temulawak banyak mengandung unsur-unsur yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebut saja kandungan zat besi, vitamin, kalsium, sodium, dan asam folat. Tidak hanya itu dalam temulawak juga mengandung banyak zat aktif seperti kurkuminoid.

BACA JUGA:Vespa Kesayangan Almarhum Babe Cabita Dilelang, Hasilnya Akan Disumbangkan ke Masjid dan Pesantren

Nah apa sajakah manfaat temulawak berikut ini kami telah merangkum sejumlah manfaat tersebut diantaranya:

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Di antara manfaat temulawak yang pertama adalah meningkatkan nafsu makan, sehingga membuat tanaman ini cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang ingin menaikkan berat badan terutama bagi mereka yang sulit makan. Dijelaskan dengan memberikan temulawak sebanyak 2 kali sehari selama 2 minggu pada anak yang berusia balita hal tersebut dapat efektif meningkatkan nafsu makan.

Hal tersebut disebabkan karena sifat kolerik pada temulawak yang merupakan senyawa mampu meningkatkan sekresi empedu yang mengandung asam empedu dan konjugatnya. Sebab asam empedu memiliki manfaat yang penting dalam tubuh guna penyerapan lemak dan katabolisme kolesterol. 

2. Mengatasi Jerawat

Dalam temulawak bersifat astrigen, yang mengurangi sekresi sebasea. Sebuah kelenjar yang berperan dalam pembentukan jerawat. Selain itu daun temulawak juga terdapat daya antiseptik ringan yang dimiliki untuk membantu membersihkan kulit dari bakteri patogen sehingga radang jerawat yang tumbuh pada kulit wajah akan berangsur-angsur menghilang. 

BACA JUGA:Harga Bekas Motor Bebek Legendaris Satria Hiu Tembus Rp50 Juta, Meski Harga Selangit Namun Tetap Jadi Buruan

3. Obat Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sampai sekarang ini sulit disembuhkan, namun terdapat sebuah fakta tentang temulawak seperti yang dijelaskan di dalam sebuah buku yang berjudul Khasiat Anyar Temulawak bahwa terdapat sebuah zat aktif dalam temulawak yang mampu melawan kanker. Kandungan tersebut yaitu santorizol dan kurkumin sehingga efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. 

4. Mengobati Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: