Di Bengkulu Utara, Harga Jagung Manis Masih Stagnan di Angka Rp4 ribu per Kilogram

Di Bengkulu Utara, Harga Jagung Manis Masih Stagnan di Angka Rp4 ribu per Kilogram

Petani jagung di Bengkulu Utara saat memanen hasil tanaman milik mereka--

RADARUTARA.ID- Sejumlah petani di Kabupaten Bengkulu Utara mengaku harga jual jagung manis saat ini masih berada di kisaran harga Rp4 ribu per kilogram.

Usman salah seorang petani di Desa Sido Urip Kecamatan Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara mengatakan harga jual jagung manis belum mengalami kenaikan. Harga jual dari petani kepada tengkulak masih berada di angka Rp4 ribu per Kilogram.

"Kalau dibandingkan dengan harga jual jagung manis di bulan Maret 2024 kemarin, memang turun. Sebab, sebulan yang lalu, jelang lebaran masih di angka Rp5 ribu per kilogram. Turun Rp1.000 sekarang," ujarnya pada Jumat (26/4/2024).

BACA JUGA:Petani Kopi di Bengkulu Utara Sumringah, Harga Kopi Tebus Rp50 ribu per kilogram

Namun begitu menurutnya, hal ini sudah biasa terjadi di setiap tahunnya. Dimana setiap menjelang hari raya idul Fitri atau tahun baru, harga jual jagung manis harganya selalu naik. Sementara itu di bulan-bulan biasa, harga jualnya masih berada di kisaran Rp4 ribu per kilogram.

"Meski begitu kami tetap bersyukur, karena ketika panen tetap masih ada untung," akunya.

Dikatakan Usman, harga jagung manis yang di maksut ini merupakan jagung manis yang kondisinya masih basah dan berkulit. 

Sementara itu, untuk harga jenis jagung pakan saat ini berada di kisaran Rp4 ribu per kilogram. Namun jagung pakan ini di jual dalam kondisi sudah di berondong dan kering.

"Kalau untuk harga jagung pakan yang masih basah dan berkulit hanya di kisaran harga Rp1.500  perkilogram. Jadi kalau memang mau lebih mahal hasur di beri Ding dan di jemur dulu," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: