Bukan Hijau Lagi, Paspor Indonesia Akan Ganti Warna di Tahun Ini

Bukan Hijau Lagi, Paspor Indonesia Akan Ganti Warna di Tahun Ini

Bukan Hijau Lagi, Paspor Indonesia Akan Ganti Warna di Tahun Ini--

RADARUTARA.ID- Seperti yang diketahui, selama ini Paspor Republik Indonesia RI sudah identik dengan warna hijau. Tetapo, warna hijau dari paspor tersebut bakal diganti dalam waktu dekat, lebih tepatnya pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Perubahan warna paspor tersebut bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia. Walaupun sudah diumumkan akan berubah warna, Silmy Karim selaku Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, belum membocorkan apa warna terbaru dari paspor RI.

"Yang jelas ubah desain, selain ada hubungannya dengan peningkatan security, juga menggunakan warna khas dari Indonesia," ungkap Silmy Karim dalam keterangannya.

BACA JUGA:Modal HP, Begini Cara Cek Status Penerima PIP 2024 Secara Online

Walaupun desain paspor terbaru akan diluncurkan pada 17 Agustus 2024 mendatang, Ditjen Kemenkumham bakal menerbitkan paspor RI dengan desain dan warna baru tersebut direalisasikan pada tahun berikutnya, tepatnya pada 17 Agustus 2025.

Namun, hingga saat ini belum ada bocoran tentang desain dan pilihan warna paspor baru RI tersebut. Paspor baru RI nantinya didesain akan memilimi level keamanan yang lebih tinggi dari uang kertas Indonesia.

Paspor baru RI nantinya akan menggunakan tinta UV dan tinta intaglio, kertas, pita pengamanan, tanda air, serta teknologi hologram. Bahkan, ditambahkan pula chip elektronik yang mencantumkan data biometrik.

Paspor RI sendiri sekarang ini mempunyai 48 halaman dan berlaku untuk 10 tahun. Terdapat tiga jenis paspor yang dikeluarkan Imigrasi Indonesia di antaranya yakni, paspor biasa berwarna hijau tosca, paspor dinas berwarna biru, serta paspor diplomatik yang berwarna hitam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: