Anjuran saat Idul Fitri: Berjalan Kaki Sambil Takbir ke Masjid, Ustadz Adi Hidayat Ungkap Pahalanya

Anjuran saat Idul Fitri: Berjalan Kaki Sambil Takbir ke Masjid, Ustadz Adi Hidayat Ungkap Pahalanya

Anjuran saat Idul Fitri: Berjalan Kaki Sambil Takbir ke Masjid, Ustadz Adi Hidayat Ungkap Pahalanya--

RADARUTARA.ID- Pendakwah Ustadz Adi Hidayat mengungkapkan anjuran berjalan kaki sembari menyerukan takbir saat menuju ke tempat sholat Idul Fitri 2024 bagi seluruh umat Islam.

Contoh dari Rasulullah SAW, dikatakan Ustadz Adi Hidayat sering berjalan kaki saat hendak ke tempat sholat ied dan mengambil jalan yang berbeda ketika pulang kembali ke rumah.

Dengan adanya sunnah tersebut, Ustadz Adi Hidayat menyebutkan alangkah baiknya untuk ikut dilaksanakan bagi umat muslim, tetapi kalau tidak ada jalan lain atau cuma satu arah maka tak masalah kalau kembali melewati jalan semula.

Seperti yang diketahui, saat ini umat muslim sudah berada di penghujung bulan Ramadhan 1445 Hijriyah, hanya tinggal hitungan hari menyambut Hari Idul Fitri 2024.

BACA JUGA:Catat, Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri yang Perlu Diketahui, Mulai dari Jalan Kaki hingga Takbir

Saat hari Raya Idul Fitri ada amalan sunnah yang sebaiknya dikerjakan oleh umat muslim.

Menyambut hari kemenangan, semua umat muslim dianjurkan untuk menggelar sholat ied atau sholat Idul Fitri.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan ketika berangkat sholat ied pulangnya berputar melewati jalan yang lain yang menjadi kebiasaan dari Nabi Muhammad SAW.

"Begitu kamu berangkat berjalan melangkahkan kaki menuju tempat sholat ied, itu terhitung mendapatkan pahala langsung, sunnahnya Nabi Muhammad SAW," ungkap Ustadz Adi Hidayat.

Kemudian saat pulang dari sholat ied, kalau melihat peluang seperti Rasulullah SAW yang melewati alternatif jalan berbeda maka akan memperoleh pahala tambahan karena mengikuti kebiasaan Nabi SAW.

BACA JUGA:Tak Pernah Sakit tapi, Iuran Bayar Terus, Apakah BPJS Kesehatan Bisa Dicairkan?

Hal ini bisa dilakukan dengan syarat ada jalur alternatifnya, kalau tidak ditemukan kembali lewat jalur semula.

Bahkan disunnahkan saat berjalan ke tempat sholat ied sembari bertakbir secara serentak bersama dengan m muslim lainnya.

"Hikmahnya yaitu tidak ada hal yang paling indah saat kita berangkat sholat ied, berjalan bersama-sama sembari bertakbir di jalan bersama-sama, kalimat takbir itu termasuk syiar, sangat indah sekali," ujar Ustadz Adi Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: