Hindari Konsumsi Kopi dengan 3 Jenis Makanan Ini, Dampaknya Bahaya !

Hindari Konsumsi Kopi dengan 3 Jenis Makanan Ini, Dampaknya Bahaya !

Hindari Konsumsi Kopi dengan 3 Jenis Makanan Ini. Dampaknya Bahaya !--

RADARUTARA.ID- Kopi merupakan minuman favorit banyak orang, terutama di pagi hari. Selain rasanya yang nikmat, Kopi juga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan konsentrasi, mengandung antioksidan, dan nutrisi lainnya.

Namun, tidak semua makanan cocok dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Ada beberapa jenis makanan yang bisa mengurangi manfaat kopi atau bahkan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan jika dikombinasikan dengan kopi.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun radarutara.id dari berbagai sumber, ternyata tiga jenis makanan ini dilarang dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Makanan itu diantaranya daging, makanan yang digoreng, dan makanan tinggi gula

BACA JUGA:Pengidap Salah Satu dari 8 Penyakit Ini Harus Hindari Minum Kopi

Lantas kenapa tiga jenis makanan itu dilarang di konsumsi dengan kopi? Berikut penjelasannya.

Daging, terutama daging merah, mengandung zinc atau seng, yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Zinc berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan penyembuhan luka. Namun, kopi mengandung tennate, yang bisa membentuk ikatan dengan zinc dan menghambat penyerapannya oleh tubuh.

Jika tubuh kekurangan zinc, bisa terjadi gangguan pada fungsi imun, pertumbuhan, dan perkembangan. Oleh karena itu, sebaiknya jangan minum kopi setelah mengonsumsi daging atau makanan yang mengandung zinc, seperti tiram, unggas, dan kacang-kacangan.

Makanan yang digoreng, seperti kentang goreng, ayam goreng, atau gorengan, memang terasa lezat jika disantap bersama kopi. Namun, kebiasaan ini bisa berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh dan lemak trans, yang bisa menaikkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik atau HDL.

Kafein dalam kopi juga bisa mempercepat proses peningkatan kolesterol jahat. Kolesterol jahat yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan yang digoreng bersamaan dengan kopi, atau pilihlah makanan yang digoreng dengan minyak sehat, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

BACA JUGA:Cara Menikmati Kopi Hitam Arabika dengan Rasa Asam yang Lebih Rendah

Makanan tinggi gula, seperti kue, bolu, kue kering, atau makanan manis lainnya, juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan kopi pahit. Alasannya, kombinasi keduanya bisa menurunkan tingkat energi dan membuat tubuh merasa lelah sepanjang hari.

Hal ini disebabkan oleh fluktuasi kadar gula darah yang terjadi akibat asupan gula dan kafein yang berlebihan. Selain itu, makanan manis juga bisa mengubah rasa kopi menjadi hambar dan kurang nikmat. Jika ingin menikmati kopi dengan makanan manis, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung gula alami, seperti buah-buahan atau madu.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Meskipun kopi memiliki banyak manfaat, tetapi jika dikombinasikan dengan makanan yang salah, bisa jadi malah berdampak negatif bagi kesehatan. Oleh karena itu, perhatikanlah apa yang Anda makan bersama kopi, dan jangan lupa untuk mengonsumsi kopi dengan porsi yang wajar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: