Bikin Geleng Kepala! Pria Asal Indonesia Ini Memiliki 44 Gelar Akademik dan Pecahkan Rekor Muri

Bikin Geleng Kepala! Pria Asal Indonesia Ini Memiliki 44 Gelar Akademik dan Pecahkan Rekor Muri

Pria Asal Indonesia Ini Memiliki 44 Gelar Akademik dan Pecahkan Rekor Muri--

RADARUTARA.ID- Sosok Welin Kusuma, sempat viral dan menggerkan media sosial (Medsos). Ini, disebabkan Welin Kusuma diketahui memiliki 44 Gelar Akademik dan profesional di usianya yang baru menginjak 42 Tahun. 

Bahkan, sosok Welin Kusuma, ini pada tahun 2012 meraih gelar multidisiplin dan berhasil memecahkan rekor MURI (museum rekor Indonesia) sekaligus dengan rekornya peraih Gelar Multidisiplin terbanyak dan rekor Pengambil Sistem Kredit Semester (SKS) terbanyak, 111 SKS (5 jurusan S1) dalam satu Semester. 

Diketahui belakangan, ini Welin Kusuma, adalah seorang analis keuangan yang mendapat 44 Gelar Akademik sejak 13 gelar Sarjana, 3 gelar Magister hingga 28 gelar pendidikan profesi. Dan gelar ke 44 baru ia raih pada 12 November 2023, lalu dari program Sarjana Ilmu Perpustakaan di Universitas Terbuka (UT) Surabaya. 

Lalu, apa sih yang memotivasi Welin Kusuma, hingga begitu getol mengejar puluhan gelar? Berikut ini profil Welin Kusuma, penyandang 44 Gelar Akademik dan profesional.

BACA JUGA:Desa di MSS Berharap Status PKM Suka Makmur Naik Menjadi Rawat Inap, Begini Tanggapan Kapus

Punya Banyak Gelar adalah Cita-cita Sejak Kecil

Welin Kusuma, lahir pada 8 Maret 1981 dan tumbuh besar di Kendari, Sulawesi Tenggara. Sejak kecil Welin, memiliki hobi membaca buku dan sudah bercita-cita bisa memegang banyak gelar akademik. 

Pria yang memiliki nama Tiongha 古啟麟 (Gǔ Qǐlín), ini rupanya terinspirasi dari sang ayah untuk belajar beragam ilmu sebanyak mungkin.

Karena, meski ayahnya tidak memiliki gelar sarjana, beliau tidak berhenti belajar berbagai bidang dan menekuni beberapa pekerjaan. Profesi yang digeluti ayah Welin Kusuma, adalah wiraswasta, usaha bahan bangunan hingga mereparasi barang elektronik. Mengikuti jejak ayahnya, Welin Kusuma, ingin menjadi orang yang berpengetahuan luas dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. 

BACA JUGA:15 Jenis Minuman Kopi yang Perlu Kamu Ketahui, Biar Tak Salah Pesan Saat Nongkrong Bareng Bestie

Perjalanan Welin Raih Berbagai Gelar

Welin Kusuma, mulai menempuh pendidikan tinggi di usia 18 tahun dengan mengambil program studi Teknik Industri di Universitas Surabaya (Ubaya) di tahun 1999. Pada pertengahan kuliah, Welin Kusuma, mulai menyadari bahwa ia bisa belajar banyak hal dari teknik industri. 

Berangkat dari pemikiran, itu ketika dirinya masih berstatus mahasiswa aktif di Ubaya, Welin pun, mulai menjalani kuliah lain di beberapa kampus berbeda sejak tahun 2001.

Selain di Ubaya, dalam waktu yang sama Welin juga berkuliah di STIE Urip Sumoharjo, Universitas Terbuka, Universitas Airlangga, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya dan Universitas Kristen Petra. Semuanya pada jenjang S1 di bidang manajemen, administrasi bisnis, hukum, teknik informatika, bahasa inggris, administrasi publik, statistika dan akutansi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: