Desa di MSS Berharap Status PKM Suka Makmur Naik Menjadi Rawat Inap, Begini Tanggapan Kapus

Desa di MSS Berharap Status PKM Suka Makmur Naik Menjadi Rawat Inap, Begini Tanggapan Kapus

Puskesmas Suka Makmur--

RADARUTARA.ID- Dorongan dan dukungan terhadap upaya peningkatan status Puskesmas Suka Makmur, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Kabupaten Bengkulu Utara menjadi rawat inap semakin menguat.

Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kecamatan MSS, Yusiran, menilai, bahwa peningkatan status Puskesmas Suka Makmur menjadi rawat inap sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Suka Makmur.

Sehingga Yusiran, mendorong pemerintah daerah agar dapat mempertimbangkan dan memberikan dukungan terhadap usulan peningkatan status rawat inap kepada Puskesmas Suka Makmur. 

"Peningkatan status Puskesmas Suka Makmur menjadi rawat inap sudah menjadi kebutuhan masyarakat secara umum di Kecamatan MSS. Sehingga kami berharap, pemerintah daerah dapat merekomendasikan dan memberi dukungan penuh terhadap Puskesmas Suka Makmur untuk menjadi rawat inap," pinta Yusiran.

BACA JUGA:115 Desa di Bengkulu Utara Berhasil Serap Dana Desa Tahun 2024, Ini Daftarnya

Di sisi lain, Kepala Puskesmas (Kapus) Suka Makmur, dr Nanang Rahmat, menyambut positif atas keinginan dan harapan masyarakat terhadap peningkatan status Puskesmas Suka Makmur menjadi rawat inap tersebut. Bahkan menurut Kapus, usulan peningkatan status rawat inap kepada Puskesmas Suka Makmur, ini juga menjadi harapan dan target bagi internal managemen Puskemas Suka Makmur.

"Naik status ke perawatan memang sangat baik. Tapi, tapi harus diimbangi juga dengan fasilitas kesehatan (Faskes) dan tenaga kesehatan (Nakes). Untuk sekarang Faskes dan Nakes di Puskesmas Suka Makmur belum terpenuhi untuk naik ke jenjang perawatan. Itu salah satu faktor yang menjadi kendala kita hari ini," ungkap Kapus.

BACA JUGA:Sempat Molor, 14 Desa di Kecamatan Padang Jaya dan Giri Mulya Cairkan DD 2024

Kendati demikian, lanjut Kapus, kendala-kendala tersebut tidak menyurutkan niat jajaran manajemen di lingkungan Puskesmas Suka Makmur untuk tetap fokus dalam upaya meningkatkan standar pengelolaan manajemen dan pelayanan di lingkungan Puskesmas melalui beberapa capaian yang hari ini secara bertahap telah diusahakan. Diantaranya masih Kapus, dengan terlaksananya proses akreditasi hingga mengejar status BLUD. 

"Setelah tahapan akreditasi kita lewati, hari ini kita sedang fokus mengejar target BLUD. Mudah-mudahan tahun ini status BLUD itu bisa kita capai. Dan ini adalah salah satu bentuk keseriusan kita di jajaran manajemen yang terus berproses dalam upaya meningkatan standar mutu pelayanan, sembari syarat-syarat lain yang dapat mendukung peningkatan status Puskesmas kita menjadi rawat inap seperti Faskes dan Nakes kita penuhi," tandasnya.

"Intinya, kami terus berjuang demi kesehatan masyarakat, Insya Allah secara bertahap semua harapan itu bisa kita laksanakan dan tercapai," demikian Kapus.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: