Tujuh Atlet Indonesia yang Sudah Pasti Tampil di Olimpiade Paris 2024

Tujuh Atlet Indonesia yang Sudah Pasti Tampil di Olimpiade Paris 2024

Tujuh Atlet Indonesia yang Sudah Pasti Tampil di Olimpiade Paris 2024--

RADARUTARA.ID- Olimpiade Paris 2024 akan segera digelar pada 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang. Ajang olahraga terbesar di dunia ini akan diikuti oleh lebih dari 10.500 atlet dari 206 negara, yang akan bertanding dalam 32 cabang olahraga dan 329 nomor pertandingan¹.

Indonesia, sebagai salah satu negara peserta, tentu tidak mau ketinggalan dalam mempersiapkan atlet-atlet terbaiknya untuk meraih prestasi di Olimpiade Paris 2024. Hingga saat ini, Indonesia telah mengantongi tujuh tiket Olimpiade dari empat cabang olahraga berbeda.

Berikut adalah daftar atlet Indonesia yang sudah memastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024, beserta cara mereka meraih tiket ke ajang bergengsi tersebut.

  • Arif Dwi Pangestu (Panahan)

Arif Dwi Pangestu menjadi atlet Indonesia pertama yang mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024. Pemanah berusia 19 tahun ini berhasil lolos melalui Kejuaraan Dunia Panahan 2023 yang digelar di Berlin, Jerman pada 6 Agustus 2023 lalu.

Arif Dwi Pangestu tampil mengejutkan dengan menembus semifinal nomor recurve individu putra, setelah mengalahkan atlet-atlet unggulan seperti Brady Ellison (Amerika Serikat) dan Kim Woojin (Korea Selatan). Meski akhirnya kalah di semifinal dan perebutan medali perunggu, Arif Dwi Pangestu tetap berhak mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024, karena Mete Gazoz (Turki) yang menjadi juara sudah lolos melalui nomor beregu.

  • Diananda Choirunisa (Panahan)

Diananda Choirunisa menjadi atlet Indonesia kedua yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Pemanah berusia 26 tahun ini meraih tiket Olimpiade melalui Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, Cina pada 4 Oktober 2023 lalu.

Diananda Choirunisa berhasil menyabet medali perunggu Asian Games 2022 dari nomor mixed team recurve, bersama dengan Riau Ega Agatha Salsabila. Keduanya mengalahkan pasangan Korea Selatan, Oh Jinhyek dan Kang Chae Young, dengan skor 5-3 di babak perempat final.

Tiket Olimpiade Paris 2024 disiapkan untuk tiga negara terbaik di nomor mixed team recurve Asian Games 2022. Namun, karena Cina dan Jepang yang menjadi juara dan runner-up sudah lolos melalui nomor beregu, maka tiket Olimpiade jatuh ke tangan Indonesia sebagai peraih medali perunggu.

  • Rifda Irfanaluthfi (Senam)

Rifda Irfanaluthfi menjadi atlet Indonesia ketiga yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Senamwan berusia 21 tahun ini berhasil lolos melalui Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2023 yang digelar di Kitakyushu, Jepang pada 18-24 Oktober 2023 lalu.

Rifda Irfanaluthfi tampil gemilang dengan meraih peringkat ke-16 di nomor all-around putri, dengan total skor 54,632. Ia menjadi satu-satunya atlet Asia yang masuk ke 20 besar nomor all-around putri, dan mengalahkan atlet-atlet kuat seperti Sunisa Lee (Amerika Serikat) dan Angelina Melnikova (Rusia).

Tiket Olimpiade Paris 2024 disiapkan untuk 20 atlet terbaik di nomor all-around putri Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2023. Namun, karena beberapa atlet sudah lolos melalui nomor beregu atau kontinental, maka Rifda Irfanaluthfi yang berada di peringkat ke-16 mendapatkan tiket Olimpiade sebagai atlet perorangan terbaik.

  • Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing)

Desak Made Rita Kusuma Dewi menjadi atlet Indonesia keempat yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Atlet panjat tebing berusia 23 tahun ini berhasil lolos melalui IFSC Climbing World Championship 2023 yang digelar di Bern, Swiss pada 11 Agustus 2023 lalu.

Desak Made Rita Kusuma Dewi tampil dominan dengan menjuarai nomor speed putri, setelah mengalahkan Emma Hunt (Amerika Serikat) di partai final dengan catatan waktu 6,49 detik. Ia menjadi satu-satunya atlet Asia yang masuk ke empat besar nomor speed putri, dan mengalahkan atlet-atlet unggulan seperti Iuliia Kaplina (Rusia) dan Anouck Jaubert (Prancis).

Tiket Olimpiade Paris 2024 disiapkan untuk enam atlet terbaik di nomor speed putri IFSC Climbing World Championship 2023. Namun, karena beberapa atlet sudah lolos melalui nomor kombinasi atau kontinental, maka Desak Made Rita Kusuma Dewi yang menjadi juara nomor speed putri mendapatkan tiket Olimpiade sebagai atlet perorangan terbaik.

  • Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: