Awal Ramadhan 2024 Jatuh di Tanggal Berapa? Berikut Keputusan Muhammadiyah, NU dan Pemerintah

Awal Ramadhan 2024 Jatuh di Tanggal Berapa? Berikut Keputusan Muhammadiyah, NU dan Pemerintah

Awal Ramadhan 2024 Jatuh di Tanggal Berapa? Berikut Keputusan Muhammadiyah, NU dan Pemerintah--

RADARUTARA.ID- Pertengahan bulan syaban segera tiba. Itu, menunjukan bahwa Ramadhan pun, semakin dekat alias akan segera tiba. Lalu awal bulan Ramadhan 2024 jatuh di tanggal berapa sebenarnya? Simak artikel dibawah ini.

Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewat bagi seluruh umat muslim. Di bulan tersebut kita akan diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh. Kewajiban, itu tersebut di dalam Al-Quran dan hadist. 

Dan salah satu ayat yang menjelaskan tentang kewajiban berpuasa adalah Al-Baqarah ayat 183. Berikut ini ayat dan artinya.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Dan saat, ini umat muslim pun tengah menantikan kapan penanggalan atau penetapan awal puasa itu tiba. Biasanya pemerintah lewat Kementrian Agama akan melaksanakan sidang isbat di hari-hari akhir  bulan syaban untuk menetapkan awal Ramadhan

BACA JUGA:Pasal Pengeroyokan Kepala Satpam, Puluhan Warga Lubuk Banyau Duduki Pabrik PT SIL

Penetapan Awal Ramadhan 2024 Versi Muhammadiyah

Dikutip dari detikNews, pimpinan pusat Muhammadiyah menetapkan awal atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah 

Dilansir detikNews, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada 11 Maret 2024. Penetapan tersebut berdasarkan pada hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Tarjih dan Tajdid.

"Di wilayah Indonesia, tanggal 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin Pahing, 11 Maret 2024 M," bunyi surat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah dilansir detikNews, Kamis (18/1/2024).

Surat tersebut ditandatangani oleh Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Hamim Ilyas dan Atang Solihin. Berdasarkan surat ini, PP Muhammadiyah menilai bahwa hari Ahad, 29 Syaban 1445 H (10/3/2024), ijtimak menjelang Ramadhan 1445 H terjadi pukul 16.07.42 WIB.

Pada tanggal 10 Maret 2024, di Yogyakarta, bulan terlihat di atas ufuk saat matahari terbenam. Ini berarti bahwa awal bulan Ramadhan (1445 H) telah ditetapkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Namun, daerah-daerah seperti Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Papua Barat Daya mungkin melihat bulan tersebut setelah matahari terbenam.

BACA JUGA:Dua Surat Suara Sah Caleg DPRD Provinsi Hilang, PPK Giri Mulya Lakukan Perhitungan Suara Ulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: