Bacaan Doa Setelah Membaca Al-Quran Lengkap dengan Artinya, Umat Muslim Jangan Lupa Amalkan

Bacaan Doa Setelah Membaca Al-Quran Lengkap dengan Artinya, Umat Muslim Jangan Lupa Amalkan

Bacaan Doa Setelah Membaca Al-Quran Lengkap dengan Artinya, Umat Muslim Jangan Lupa Amalkan--

RADARUTARA.ID - Doa setelah membaca Alquran sesuai sunnah adalah salah satu waktu yang mustajab. Dengan memanjatkan Doa tersebut diharapkan hati tersinari cahaya Alquran.

Membaca Alquran adalah amalan ibadah yang paling utama, memiliki banyak keistemawan dan kelebihan ketimbang membaca bacaan yang lain. Sesuai dengan arti Al-Qur’an secara etimologi yaitu bacaan karena Al Quran diturunkan untuk dibaca.

Al quran merupakan Kitab Suci terakhir bagi umat manusia dan setelahnya tidak ada lagi kitab suci yang hendak diturunkan oleh Allah SWT. Umat Islam wajib bangga dengan adanya kitab suci Alquran lantaran menjadi bacaan yang sempurna dan mulia.

Setelah membaca Alquran, sangat dianjurkan untuk memanjatkan doa. Karena, doa setelah membaca Alquran akan diijabah Allah SWT lantaran ada ribuan malaikat yang ikut mengaminkan doa tersebut. Hal ini tercantum dalam hadis berikut ini:

Yang Artinya: "Bagi siapa yang sudah membaca Al-Qur'an (khatam) lalu dia berdoa, maka ada empat ribu malaikat yang mengaminkan doanya." (HR ad-Darimy). 

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Pantai Batu Kumbang, Destinasi Wisata Populer di Mukomuko

Adapun Bacaan Doa Setelah Baca Al-Quran:

Allhummarhamni bilquran. Waj’alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’atrofannahaar waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya: "Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam."

Itu dia doa setelah baca Al-Quran yang harus dilafalkan. Itu sebabnya, sebagai umat muslim yang baik jangan lupa untuk membaca Al-Quran dan mengamalkan isinya. Dijamin pahala yang diperikeh pembacanya akan berlipat ganda, khususnya kalau dibacanya di bulan Ramadan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: